Cara Mengintegrasikan ORCID dengan OJS 3

API ORCID atau Open Researcher and Contributor ID adalah sistem identifikasi unik untuk peneliti dan penulis akademik. Jika Anda menggunakan sistem manajemen jurnal OJS 3, maka Anda dapat membuat integrasi API ORCID yang memungkinkan penulis untuk menghubungkan profil ORCID mereka dengan artikel yang mereka kirimkan.
Integrasi ini akan membantu meningkatkan kredibilitas dan visibilitas penulis akademik serta artikel yang mereka kirimkan. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat API ORCID untuk OJS 3.

Cara Mengintegrasikan ORCID dengan OJS 3

Untuk menghubungkan ORCID dengan OJS (Open Journal Systems), Anda harus mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Buat Akun ORCID

Jika Anda belum memilikinya, Anda dapat membuat ORCID iD secara gratis dengan mengunjungi situs web ORCID (https://orcid.org/) dan mengklik tombol "Register".

Baca juga: Cara Memasang Dimension Badge Pada Website OJS 3.3

2. Unduh dan Pasang Plugin ORCID di OJS

Plugin ORCID untuk OJS tersedia gratis dari Galeri Plugin PKP (https://pkp.sfu.ca/ojs/plugins/). Untuk menginstal plugin, Anda perlu mengunduh file plugin, mengekstraknya, lalu mengunggahnya ke instalasi OJS Anda. Berikut langkah-langkah dalam menginstal plugin ORCID:

  • Unduh file plugin ORCID: Kunjungi Galeri Plugin PKP (https://pkp.sfu.ca/ojs/plugins/) dan unduh file plugin ORCID atau dapat di download melalui plugin galeri yang terdapat di OJS 3, klik link: https://github.com/pkp/orcidProfile
  • Download file orcidProfile-v1_1_3-4.tar.gz, Buka zip file plugin dan ekstrak file plugin dari arsip zip.
  • Unggah file plugin ke instalasi OJS CPanel menggunakan akun atau pengelola file manager, unggah file plugin ke direktori "generic" di dalam instalasi OJS Anda, jangan lupa "save".

3. Aktifkan Plugin ORCID Profile

Plugin ORCID Profile sudah terinstal di OJS 3. Anda perlu mengaktifkannya dan mengkonfigurasinya. Buka dasbor OJS 3 dan masuk sebagai admin. Buka menu Pengaturan > Situs > Plugin > Pengaturan Plugin > ORCID Profile, centang tombol "Enabled".
  • Konfigurasikan plugin: Setelah plugin diaktifkan, klik tombol "Setting" di bawah tulisan ORCID Profile Plugin",  untuk mengatur plugin. Anda harus memasukkan data ORCID API Setting" ID klien dan rahasia klien, yang dapat Anda peroleh dengan mendaftarkan instalasi OJS Anda ke ORCID.

4. Tes Integrasi

Setelah mengkonfigurasi OJS 3 dan plugin ORCID Profile, Anda dapat menguji integrasi API ORCID. Buka halaman pengiriman artikel dan lihat apakah ada opsi untuk menghubungkan profil ORCID. Jika opsi tersebut ada, Anda dapat mencoba menghubungkan profil ORCID Anda dengan artikel yang Anda kirimkan dan melihat apakah integrasi berhasil.

5. Dorong penulis untuk menautkan iD ORCID mereka

Setelah integrasi ORCID diaktifkan untuk jurnal, penulis akan dapat menautkan iD ORCID mereka saat mereka mengirimkan naskah. Dorong penulis untuk menautkan iD ORCID mereka dengan memasukkan informasi tentang ORCID dalam pedoman penulis dan mengingatkan penulis untuk menyertakan iD ORCID mereka ketika mereka mengirimkan naskah mereka. 
Untuk bagaimana cara mendapatkan API ORCID akan kita bahas pada artikel selanjutnya.

Kesimpulan

Membuat integrasi API ORCID untuk OJS 3 dapat membantu meningkatkan kredibilitas dan visibilitas penulis akademik serta artikel yang mereka kirimkan. Dalam artikel ini, kami telah membahas langkah-langkah untuk membuat integrasi ini, dari membuat akun ORCID dan aplikasi ORCID hingga mengkonfigurasi OJS 3 dan plugin ORCID Profile. Setelah integrasi berhasil diuji, Anda dapat mempromosikannya ke penulis dan pembaca jurnal Anda untuk meningkatkan kualitas jurnal Anda secara keseluruhan.
LihatTutupKomentar