Cara Membuat API ORCID Untuk OJS 3

Artikel ini merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya yang berjudul Cara Mengintegrasikan ORCID Dengan OJS 3, dimana ORCID menyediakan API (Application Programming Interface) yang dapat digunakan untuk mengakses dan mengelola data ORCID, termasuk menambahkan dan memperbarui informasi profil, menambahkan publikasi, dan mengelola akses ke data ORCID. 

Membuat API ORCID

Untuk membuat API ORCID, pertama-tama Anda perlu mendaftar di situs ORCID dan membuat akun ORCID. Setelah Anda memiliki akun ORCID, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk membuat API ORCID:
  • Buka halaman "Developers" di situs ORCID (https://orcid.org/developers).
  • Klik tombol "Sign in with ORCID" di bagian atas halaman.
  • Masuk ke akun ORCID Anda dan klik tombol "Authorize" untuk memberikan izin kepada ORCID untuk mengakses akun Anda.
  • Setelah Anda berhasil masuk, Anda akan dibawa ke halaman "Developer Tools". Di sini, Anda dapat menambahkan aplikasi yang akan menggunakan API ORCID dengan mengklik tombol "Add a new application".
  • Isi formulir yang muncul dengan informasi tentang aplikasi Anda, termasuk nama aplikasi, deskripsi, dan URL aplikasi dalam hal ini kami menggunakan  Open Journal System versi 3.3.
  • Baca dan setujui persyaratan penggunaan API ORCID.
  • Klik tombol "Create application" untuk menyelesaikan pendaftaran aplikasi Anda.
Setelah Anda membuat aplikasi, Anda akan mendapatkan kunci API yang dapat digunakan untuk mengakses data ORCID melalui API. Anda dapat menemukan dokumentasi lengkap tentang cara menggunakan API ORCID di halaman "Developers" di situs ORCID. Isikan "Clien ID" dan "Clien Secret" didapat ke plugin profile ORCID di OJS 3 yang di kelola. Bagaimana cara, bisa dibaca di artikel Cara Mengintegrasikan ORCID Dengan OJS 3.

Kesimpulan

Ternyata, Membuat API ORCID untuk OJS 3 tidak sesulit yang kita bayangkan hanya membutuhkan ketelitian dan sedikit pengetahuan. Selamat mencoba semoga bermanfaat
LihatTutupKomentar