Cara Mencari Sumber Referensi Menggunakan Research Rabbit

Research Rabbit adalah mesin pencari yang dirancang untuk membantu peneliti menemukan artikel akademik, makalah konferensi, dan literatur ilmiah lainnya. Ini adalah alat yang berguna untuk menemukan referensi dan kutipan untuk proyek penelitian yang relevan dengan topik yang sedang diteliti. 
Untuk menggunakan Research Rabbit, hanya perlu membuka situs web Research Rabbit dan mengetikkan permintaan pencarian di bilah pencarian. Kemudian dapat menggunakan kata kunci dan opsi pencarian lanjutan untuk mempersempit hasil dan menemukan artikel dan referensi yang paling relevan dengan penelitian, juga dapat menggunakan alat kutipan untuk membuat kutipan dengan gaya kutipan tertentu, dan menyimpan artikel ke daftar artikel tersimpan untuk memudahkan akses nanti. 
Research Rabbit adalah sumber berharga bagi mahasiswa, peneliti, dan profesional yang mencari informasi yang handal dan relevan untuk pekerjaan mereka. 

Cara Mencari Sumber Referensi Menggunakan Research Rabbit

  • Buka situs web Research Rabbit, lakukan registrasi jika belum mempunyai akun. Ketik permintaan pencarian di bilah pencarian, untuk pencarian bisa menggunakan judul artikel, DOI, PMID atau dengan kata kunci.

  • Gunakan kata kunci dan frasa yang terkait dengan topik penelitian untuk mempersempit hasilnya, juga dapat menggunakan opsi pencarian lanjutan untuk mempersempit pencarian. Pada kesempatan ini, kita menggunakan contoh dengan kata kunci "Industry 4.0", klik "Search"
  • Kita akan dibawa untuk memilih sumber referensi, klik "All Subject Area". 
  • Selanjunya, research Rabbit akan menampilkan artikel-artikel yang mempunyai kesamaan dengan artikel kita berdasarkan pencarian kata kunci "Industry 4.0". Pada kesempatan ini, kami memilih 4 artikel hanya sebagai contoh. 
Baca juga: Plagiat: Cara Mengindarinya
  • Jika ingin menyimpan referensi untuk nanti, dapat menambahkannya ke daftar artikel tersimpan dengan mengeklik tombol "New Collection". Untuk mengakses artikel tersimpan Anda dengan mengeklik tab "Collection" di bagian atas sidebar sebelah kiri, dimana artikel terkait kata kunci "Industry 4.0" disimpan pada collection yang di beri nama "Industry 4.0-bams". Jika ingin menambahkan sumber referensi cukup klik tombol "Add Papers".

Pencarian Sumber Kutipan Artikel Terkait 

Research Rabbit selain dapat mencari sumber referensi, juga dapat sebagai alat untuk menghasilkan kutipan untuk artikel dengan gaya kutipan tertentu. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut ini:
  • Untuk mengetahui ke 4 artikel yang kita simpan tadi mengutip artikel siapa saja, klik "Similar Work" pada sidebar atas.
  • Research Rabbit akan menampilan 50 artikel yang telah di kutip oleh ke 4 artikel tersebut, seperti terlihat pada gambar di bawah ini.
  • Klik salah satu artikel yang berkaitan, di sini saya ambil contoh artikel yang ditulis oleh "Yang, 2019" berjudul "The Internet Of Things for Smart Manufacturing: A Review yang dikutip oleh "Ivanov, 2020".
  • Setelah judul artikel itu kita klik, maka kita akan di bawa ke website sumber artikel tersebut berada, dalam contoh ini kita di bawa ke website Taylor & Francis Online.
  • Ulangi langka-langka di atas, sampai merasa cukup menemukan sumber referensi  untuk artikel ilmiah Anda.

Kesimpulan

Research Rabbit adalah sebuah alat atau perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan analisis data dalam proses penelitian. Ini dapat digunakan dalam penelitian kuantitatif dan kualitatif dan dapat membantu dalam pengumpulan data, desain penelitian, dan analisis data. Alat ini dapat membantu peneliti dalam mengumpulkan dan menganalisis data secara efisien dan efektif. Namun, untuk hasil yang akurat dan valid dalam penelitian, sebaiknya diperiksa oleh para ahli dibidangnya dan diuji dengan metode yang sesuai.
LihatTutupKomentar