Cara Index Website Ke Google Agar Terindex Cepat

Google merupakan salah satu mesin pencari terbesar yang banyak digunakan, baik oleh pihak market place ataupun para penulis artikel. Tapi sering karena ketidak tauan dari user menyebabkan website mereka tidak terindex di mesin pencarian tersebut. Pada artikel kali ini, kita akan membahas untuk mengatasi persolan tersebut. 

Cara Index Website ke Google

Ada beberapa langkah yang dapat di lakukan, untuk mempercepat proses indexing website dan artikel ke Google:

Buat sitemap situs

Untuk membuat situs sitemap, dapat menggunakan salah satu dari beberapa cara berikut:
  • Menggunakan alat pembuat sitemap online: Ada banyak alat pembuat sitemap online yang dapat dgunakan secara gratis, seperti XML-Sitemaps.com atau SmallSEOTools.com. Kita hanya perlu memasukkan URL situs dan mengikuti langkah-langkah yang disediakan oleh alat tersebut untuk membuat sitemap situs.
  • Menggunakan plugin pembuat sitemap: Jika menggunakan CMS (Content Management System) seperti WordPress atau Open Journal System (OJS), dapat menggunakan plugin pembuat sitemap seperti Yoast SEO atau Google XML Sitemaps untuk membuat sitemap situs dengan mudah.
  • Membuat sitemap secara manual: Jika memiliki pengalaman teknis, dapat membuat sitemap situs secara manual dengan menggunakan bahasa markup XML. 
Setelah sitemap situs selesai dibuat, simpan file sitemap tersebut di root folder website Anda dan submit sitemap tersebut ke Google Search Console agar mesin pencari seperti Google dapat menemukan dan mengindeks semua halaman pada website Anda.

Submit sitemap website ke Google Search Console

Untuk submit sitemap website ke Google Search Console, ikuti langkah-langkah berikut:
  • Buka Google Search Console di https://search.google.com/search-console/welcome.
  • Masuk dengan akun Google yang terkait dengan situs web atau blog. Jika belum memiliki akun, Anda dapat mendaftar dengan mengikuti petunjuk yang tersedia di sana.
  • Klik tombol "Tambah properti" dan masukkan URL website/ blog Anda.
  • Pilih metode verifikasi yang diinginkan, kemudian ikuti langkah-langkah yang disediakan untuk memverifikasi kepemilikan situs web.
  • Setelah verifikasi selesai, klik tombol "Tambah sitemap" di menu "Indeks" di sisi kiri layar.
  • Masukkan URL sitemap website/blog ke kolom yang tersedia, lalu klik tombol "Submit". Contoh URL sitemap yang benar adalah "http://www.example.com/sitemap.xml". Jika menggunakan plugin pembuat sitemap seperti Yoast SEO atau Google XML Sitemaps, Anda dapat menemukan URL sitemap di halaman pengaturan plugin tersebut.
Setelah sitemap website/ blog tersubmit ke Google Search Console, Google akan mulai mencari dan mengindeks halaman website/blog sesuai dengan informasi yang tercantum dalam sitemap tersebut. Ini akan membantu mesin pencari seperti Google untuk lebih mudah menemukan dan mengindeks situs web. 

Website/ Blog memenuhi standar SEO 

SEO, atau Search Engine Optimization, adalah proses yang dilakukan untuk meningkatkan visibilitas situs web di mesin pencari seperti Google. Ada beberapa standar yang harus diisi agar sebuah website/ blog memenuhi standar SEO yang baik, di antaranya adalah:
  • Memiliki struktur website yang teratur dan mudah dipahami oleh mesin pencari.
  • Menggunakan tag title dan tag meta description yang sesuai dengan konten website.
  • Memiliki konten yang berkualitas, unik, dan terupdate.
  • Memiliki kecepatan loading website yang cepat.
  • Memiliki struktur URL yang jelas dan mudah dipahami.
  • Memiliki struktur internal linking yang baik.
  • Gunakan tag header (H1, H2, dll) dengan benar.
  • Memiliki sitemap yang teratur dan terupdate.
  • Memiliki tanggung jawab website yang baik, yaitu dapat dibuka dengan baik di berbagai perangkat.
  • Memiliki faktor keamanan yang terjamin, seperti SSL/HTTPS.
Apabila website/ blog Anda memenuhi semua standar di atas, maka website/ blog tersebut dianggap memenuhi standar SEO yang baik. Namun perlu diingat bahwa standar SEO selalu berkembang, sehingga perlu terus memadukan dan memperbarui website Anda agar tetap memenuhi standar tersebut.

Dapatkan tautan dari situs web lain yang terpercaya

Salah satu cara untuk meningkatkan visibilitas situs web di mesin pencari adalah dengan mendapatkan tautan ke situs web Anda dari situs web lain yang tepercaya. Tautan dari situs web lain yang terpercaya disebut dengan backlink dan merupakan salah satu faktor yang dipertimbangkan oleh mesin pencari dalam menentukan peringkat situs web Anda dalam hasil pencarian. 
Berikut adalah beberapa cara yang dapat lakukan untuk mendapatkan backlink dari situs web lain yang terpercaya:
  • Bergabung dengan komunitas online yang sesuai dengan bidang website/ blog. Anda dapat mengajukan pertanyaan atau memberikan jawaban yang bermanfaat di forum atau grup terkait, lalu menyertakan tautan ke situs web di dalamnya.
  • Menulis artikel tamu di situs web lain yang terpercaya. Dengan mengajukan proposal penulisan artikel tamu ke situs web yang memiliki audiens yang sesuai dengan target pasar situs web, lalu menyertakan tautan ke situs web di dalam artikel tersebut.
  • Mengadakan kerjasama dengan situs web lain yang terpercaya. Mengadakan kerjasama dengan situs web lain yang memiliki audiens yang sesuai dengan target pasar situs web, lalu saling memberikan tautan ke situs web masing-masing.
  • Menjadi sumber yang terpercaya di bidang yang sesuai dengan website/ blog Anda. Menyediakan konten yang bermanfaat dan menarik di website, sehingga situs web lain akan tertarik untuk memberikan tautan ke website Anda sebagai sumber terpercaya.
Perlu diingat bahwa backlink yang didapatkan harus dari situs web yang terpercaya dan relevan dengan website Anda, karena backlink dari situs web yang tidak terpercaya atau tidak relevan justru dapat menurunkan peringkat website/ blog di mesin pencari.

Gunakan Google Bisnisku

Google Bisnisku adalah layanan gratis dari Google yang memungkinkan membuat dan mengelola listing bisnis Anda di Google Maps dan Google Penelusuran. Dengan menggunakan Google Bisnisku, dapat mempromosikan bisnis di internet dan memudahkan pelanggan menemukan informasi tentang bisnis Anda, seperti alamat, jam operasional, dan nomor telepon. 
Untuk menggunakan Google Bisnisku, Anda perlu membuat akun Google Bisnisku dan mengikuti langkah-langkah berikut:
  • Masuk ke situs web Google Bisnisku dan klik tombol "Mulai Gratis".
  • Masukkan informasi tentang bisnis Anda, seperti nama bisnis, alamat, nomor telepon, dan kategori bisnis.
  • Tambahkan informasi tambahan tentang bisnis, seperti jam operasional, website, dan foto bisnis.
  • Verifikasi alamat bisnis dengan mengikuti instruksi yang diberikan. Ini akan membantu Google memverifikasi bahwa bisnis Anda ada di alamat yang terdaftar.
  • Setelah selesai, listing bisnis akan muncul di Google Maps dan Google Penelusuran.
  • Setelah mendaftarkan bisnis terdaftar di Google Bisnisku, Anda dapat mengelolanya dengan mengakses akun Google Bisnisku dan mengubah atau menambah informasi yang diperlukan. Selain itu, juga dapat memanfaatkan fitur lain dari Google Bisnisku, seperti menambah foto dan ulasan dari pelanggan, menjawab pertanyaan dari pelanggan di Google Maps, dan melihat statistik interaksi pelanggan dengan bisnis.
Dengan menggunakan Google Bisnisku, Kita dapat mempromosikan bisnis di internet dan memudahkan pelanggan menemukan informasi tentang bisnis, sekaligus membantu meningkatkan visibilitas bisnis di mesin pencari Google. 
Ingat bahwa proses indexing website di mesin pencari seperti Google memerlukan waktu, jadi jangan terlalu khawatir jika website/ blog atau artikel belum muncul di hasil pencarian dalam waktu yang singkat. Fokuslah pada peningkatan kualitas website/ blog dan terus memperbarui konten yang bermanfaat bagi pengunjung website Anda.

Kesimpulan

Cara untuk mengindex website ke Google meliputi beberapa proses yang harus dilakukan untuk membuat website dapat ditemukan oleh mesin pencari. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengindex website ke Google antara lain:
  1. Membuat sitemap dan submit ke Google
  2. Submit sitemap ke Google Console
  3. Memastikan website memenuhi standar SEO
  4. Menggunakan Google bisnis

Sebagian besar cara ini harus dilakukan secara teratur dan konsisten untuk memastikan website dapat terindex dengan baik dan ditemukan oleh mesin pencari. Namun, perlu diingat bahwa proses ini memerlukan waktu dan tidak ada jaminan bahwa website akan selalu muncul di halaman pertama hasil pencarian.

LihatTutupKomentar