Cara Menambahkan Sumber Referensi Menggunakan Mendeley Web Importer

Mendeley Web Importer adalah fitur yang tersedia di Mendeley Web Portal yang memungkinkan Anda untuk menambahkan daftar pustaka ke koleksi Mendeley dengan meng-importnya dari situs web. 
Berikut adalah langkah-langkah untuk input referensi menggunakan Mendeley Web Importer:

Download Mendeley Web Importer

  • Buka situs Mendeley di https://www.mendeley.com/guides/web-importer/ dan masuk dengan akun Mendeley, atau dapat juga langsung mengunduhnya di ekstension website Chrome store, dan web firefox secara gratis.

  • Klik ikon Mendeley Web Importer yang terletak di bagian atas, ikon ini biasanya berwarna merah dan terletak di atas dibagian ekstension web.
  • Jika tombol Mendeley Web Importer tidak muncul, dapat menambahkan ke browser dengan mengikuti petunjuk yang tersedia di situs web Mendeley.
  • Setelah mengklink tombol Mendeley Web Importer, Anda akan melihat jendela pop-up yang menampilkan informasi referensi yang ditemukan di situs web tersebut.

Membuat Akun Mendeley

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat akun Mendeley:
  1. Buka situs web Mendeley di https://www.mendeley.com/.
  2. Klik tombol "Sign up" di bagian atas layar.
  3. Pilih jenis akun yang ingin Anda buat: "Academic" untuk pengguna akademis atau "Professional" untuk pengguna non-akademis.
  4. Masukkan informasi pribadi Anda, seperti nama, alamat email, dan kata sandi.
  5. Klik tombol "Sign up" untuk melanjutkan.
  6. Ikuti instruksi selanjutnya untuk menyelesaikan pembuatan akun Mendeley.
Setelah membuat akun Mendeley, Anda dapat menggunakan perangkat lunak ini untuk mengelola dan mengorganisir referensi, membuat daftar bibliografi, dan menambahkan sumber referensi ke dalam karya ilmiah Anda. Selain itu, Anda juga dapat terhubung dengan komunitas peneliti lain di seluruh dunia melalui fitur-fitur sosial yang disediakan oleh Mendeley. 

Menambahankan Sumber Referensi 

  • Buka tab browser Anda dan navigasikan ke situs web yang berisi referensi yang ingin Anda tambahkan ke koleksi di Mendeley, dalam hal ini saya mengambil contoh di website Sciencedirect, "login" atau "create akun" jika belum mempunyai akun Mendeley. 
  • Setelah login, untuk mengambil referensi yang dibutuhkan klik "Add Mendeley"
  • Referensi yang dibutuhkan akan ditambahkan ke Mendeley Web Importer.
  • Periksa informasi dan pastikan bahwa semuanya sesuai dengan yang dibutuhkan.

  • Setelah semua tahapan diatas dilalui, daftar pustaka yang tersimpan di Mendeley Web Importer sudah dapat dipergunakan dan disinkronkan dengan "Mendeley Reference Manager" secara otomatis, daftar pustaka yang tersimpan di Mendeley Reference Manager dapat dipergunakan jika sewaktu-waktu kita tidak dalam kondisi terkoneksi dengan internet.
  • Bagaimana cara menyusun daftar pustaka dengan Mendeley Web Importer pada "MS Words", silahkan anda  baca pada artikel "Menulis Daftar Pustaka" .

Jika memiliki pertanyaan tentang Mendeley Web Importer secara umum, jangan ragu untuk bertanya kepada saya.
Selamat mencoba semoga bermanfaat
LihatTutupKomentar