Analisis Bibliometrik Menggunakan Publish and Perish dan VOSviewer

Vosviewer adalah sebuah alat bibliometrik yang dapat digunakan untuk menganalisis dan visualisasi data publikasi ilmiah. Publish or Perish adalah sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk mengambil data publikasi ilmiah dari Google Scholar, Scopus, PubMed, Open Alex, Semantic Scholar, Web of Science, dan mengubahnya menjadi data yang dapat dianalisis dengan Vosviewer. 

Mencari Artikel di Publish and Perish

Untuk menganalisis data publikasi ilmiah dengan Vosviewer dan data base dari Publish or Perish, pertama-tama Anda perlu mengunduh dan menginstal aplikasi Vosviewer dan Publish or Perish. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut:
  • Buka aplikasi Publish or Perish.
  • Masukkan kata kunci, di sini kita menggunakan kata kunci "Industry 4.0 AND Supply Chain" dengan rentang waktu 2010 sampai dengan 2022, dengan maksimum pencarian 1000 artikel di kolom pencarian. Pada kesempatan ini kita menggunakan Google Scholar yang gratis, jika Anda mempunyai akun seperti Scopus tentu hasil pencarian akan lebih baik lagi karena data artikel yang terdapat di Scopus sudah tersusun dengan sangat baik berdasarkan katagori nya.
  • Terkait cara penggunaan kata kunci yang tepat dan sesuai dengan hasil yang diinginkan, untuk lebih detailnya dapat di baca pada website Harzing.com
  • Klik tombol "Search". Publish or Perish akan mengambil data publikasi ilmiah dari Google Scholar dan mengubahnya menjadi data yang dapat dianalisis dengan Vosviewer.
  • Klik tombol "Save Result", save dalam format RIS karena data base ini dapat kita eksport ke Mendeley jika suatu saat kita membutuhkan referensi untuk membuat daftar pustaka dan juga format RIS merupakan salah satu format yang dapat dibaca oleh Vosviewer.

Import Data Dari Publish and Perish Ke VOSviewer

  • Buka aplikasi Vosviewer.
  • Klik tombol "Create". Pilih file yang telah diekspor oleh Publish or Perish yaitu file "industry 4.0 AND supply chain (PnP).RIS"
  • Vosviewer akan memuat dan menampilkan data publikasi ilmiah dalam bentuk visualisasi. Anda dapat menggunakan berbagai fitur yang disediakan oleh Vosviewer untuk menganalisis dan mengeksplorasi data tersebut.
Sebagai contoh, Anda dapat menggunakan Vosviewer untuk menampilkan jumlah publikasi setiap penulis, menemukan hubungan antar penulis atau jurnal, atau menampilkan kata kunci yang paling sering muncul dalam publikasi ilmiah. Dengan Vosviewer, Anda dapat memahami pola dan trend dalam publikasi ilmiah dengan cara yang visual dan mudah dipahami. 

Kesimpulan

Analisis bibliometrik menggunakan VOSviewer adalah salah satu cara untuk menganalisis data publikasi ilmiah dan mengevaluasi kinerja peneliti atau organisasi. VOSviewer adalah software yang dapat digunakan untuk menganalisis data publikasi ilmiah dan menampilkan hasil dalam bentuk visual seperti diagram VOS atau diagram jaringan. 
Analisis bibliometrik menggunakan VOSviewer dapat digunakan untuk mengevaluasi kinerja peneliti atau organisasi dengan menganalisis jumlah publikasi, citasi, dan jaringan kolaborasi. Dengan menggunakan VOSviewer, peneliti dapat melihat bagaimana kinerja publikasi mereka dibandingkan dengan peneliti lain dalam bidang yang sama. 
Peneliti juga dapat mengevaluasi jaringan kolaborasi mereka dan melihat bagaimana mereka terhubung dengan peneliti lain dalam bidang yang sama.
Selamat mencoba semoga bermanfaat
LihatTutupKomentar