Cara Menyusun Referensi Buku Dengan Format MLA

Untuk menulis referensi dari buku format MLA (Modern Language Association), Anda perlu mengikuti aturan penulisan yang sesuai dengan format ini. 

Cara Menyusun Referensi Buku Dengan Format MLA

Berikut ini adalah cara umum menulis referensi dari buku format MLA:

Nama Penulis (jika ada lebih dari satu penulis)

Dalam menulis referensi dari buku format MLA (Modern Language Association), nama penulis (atau penulis pertama jika ada lebih dari satu penulis) harus ditulis dalam urutan alfabetis sesuai dengan nama depannya. Ini berlaku untuk semua jenis sumber, termasuk buku, jurnal, dan dokumen online. 
Jika buku tersebut ditulis oleh dua penulis, maka nama-nama penulis tersebut harus ditulis dalam urutan alfabetis sesuai dengan nama depannya.  Jika buku tersebut ditulis oleh tiga atau lebih penulis, maka nama penulis pertama ditulis sebagai penulis utama, dan nama-nama penulis lainnya ditulis dalam urutan alfabetis sesuai dengan nama depannya. 

Tahun Terbit Buku

Tahun terbitan adalah tahun di mana sebuah buku atau sumber lain pertama kali diterbitkan. Tahun terbitan merupakan bagian penting dari informasi yang harus disertakan dalam referensi, karena dapat memberikan konteks dan waktu terjadinya sebuah ide atau penelitian. Dalam referensi penulisan, tahun terbitan harus ditulis sesuai dengan aturan penulisan yang sesuai dengan format yang dipakai. 

Judul Buku (ditulis dalam huruf miring)

Judul buku biasanya ditulis miring untuk menandakan bahwa ini adalah judul sebuah buku, bukan judul sebuah artikel atau dokumen. Penggunaan italic merupakan cara yang umum dipakai untuk menandai judul buku dalam referensi. 

Edisi (jika bukan edisi pertama)

Edisi adalah versi atau cetakan terbaru dari sebuah buku. Edisi pertama adalah cetakan pertama dari sebuah buku yang diterbitkan, sedangkan edisi selanjutnya adalah cetakan-cetakan berikutnya yang mungkin mengalami perubahan atau revisi dari edisi sebelumnya. 
Dalam menulis referensi, edisi buku harus ditulis jika buku tersebut bukan edisi pertama. Ini berguna untuk memberikan informasi tambahan kepada pembaca mengenai versi buku yang digunakan. Edisi ditulis setelah judul buku, dijilid oleh tahun terbit dan nama penerbit. Jika buku tersebut merupakan edisi pertama, maka tidak perlu mencantumkan edisi dalam referensi.

Tempat Terbit: Nama Penerbit

Tempat terbit adalah kota atau negara di mana sebuah buku diterbitkan. Nama penerbit adalah perusahaan yang mengeluarkan atau menerbitkan buku tersebut. Dalam referensi penulisan, tempat terbit dan nama penerbit harus ditulis setelah judul buku dan edisi (jika ada). Ini berguna untuk memberikan informasi tambahan kepada pembaca mengenai di mana dan oleh siapa buku tersebut diterbitkan. 

Contoh Penulisan Referensi Buku Format MLA

Penulisan Nama Penulis Buku (1 orang penulis)

  • John Smith. (2002). The History of Modern Europe. New York, NY: Oxford University Press.
  • Jane Williams. (2006). The Art of Cooking. London, UK: Penguin Books.
  • Michael Jones. (2008). The Science of Climate Change. New York, NY: Columbia University Press.
  • Emily Taylor. (2010). The Psychology of Learning. Boston, MA: Harvard University Press.
  • Benyamin Davis. (2012). The Economics of International Trade. London, UK: Palgrave Macmillan.

Penulisan Nama Penulis Buku (2 orang penulis)

  • James, Henry, & Smith, John. (2002). The History of Modern Europe. New York, NY: Oxford University Press.
  • Johnson, Mary, & Williams, Jane. (2004). The Art of Photography. London, UK: Penguin Books.
  • Jones, Michael, & Taylor, Emily. (2006). The Science of Climate Change. New York, NY: Columbia University Press.
  • Smith, John, & Davis, Benjamin. (2008). The Psychology of Learning. Boston, MA: Harvard University Press.
  • Williams, Jane, & Johnson, Mary. (2010). The Economics of International Trade. London, UK: Palgrave Macmillan.

Penulisan Nama Penulis Buku (lebih dari 2 orang)

  • James, Henry, Smith, John, & Williams, Jane. (2002). The History of Modern Europe. New York, NY: Oxford University Press.
  • Johnson, Mary, Williams, Jane, Davis, Benjamin, & Brown, David. (2004). The Art of Photography. London, UK: Penguin Books.
  • Jones, Michael, Taylor, Emily, Brown, David, & Davis, Benjamin. (2006). The Science of Climate Change. New York, NY: Columbia University Press.
  • Smith, John, Davis, Benjamin, Taylor, Emily, & Brown, David. (2008). The Psychology of Learning. Boston, MA: Harvard University Press.
  • Williams, Jane, Johnson, Mary, Brown, David, & Davis, Benjamin. (2010). The Economics of International Trade. London, UK: Palgrave Macmillan.

Penulisan Edisi (jika bukan edisi pertama)

  • Smith, John. (2002). The History of Modern Europe (2nd ed.). New York, NY: Oxford University Press.
  • Williams, Jane. (2004). The Art of Cooking (3rd ed.). London, UK: Penguin Books.
  • Jones, Michael. (2006). The Science of Climate Change (4th ed.). New York, NY: Columbia University Press.
  • Taylor, Emily. (2008). The Psychology of Learning (5th ed.). Boston, MA: Harvard University Press.
  • Davis, Benjamin. (2010). The Economics of International Trade (6th ed.). London, UK: Palgrave Macmillan.

Kesimpulan

Referensi buku merupakan cara untuk memberikan informasi mengenai buku yang telah Anda baca dan digunakan sebagai sumber informasi dalam sebuah karya tulis. Dalam menulis referensi buku dengan format MLA, ada beberapa elemen yang harus dicantumkan, yaitu:
  1. Nama penulis (atau penulis pertama jika ada lebih dari satu penulis). Nama penulis ditulis dalam urutan alfabetis sesuai dengan nama depan.
  2. Tahun terbitan.
  3. Judul buku (ditulis dalam huruf miring).
  4. Edisi (jika bukan edisi pertama).
  5. Tempat terbit: nama penerbit.
Penulisan referensi buku harus sesuai dengan aturan yang dipakai, seperti format MLA, APA, atau Chicago. Pastikan untuk memahami aturan penulisan yang sesuai dengan format yang dipakai dan mengikutinya dengan benar.
Semoga bermanfaat
LihatTutupKomentar