Cara Menyusun Referensi Dari Buku Dengan Format APA 6

Apabila kamu sedang bingung tentang bagaimana cara menulis referensi untuk artikel ilmiah, maka artikel ini akan memberikan solusi untukmu. Saat menulis artikel imiah, kamu akan dihadapkan dengan pertanyaan tentang bagaimana cara menyusun daftar pustaka dan bagimana cara mengutip referensi yang bersumber dari buku?. 
Jika dilihat secara lebih luas, Artikel ilmiah adalah sebuah karya yang ditulis oleh seorang atau sekelompok penulis yang berisi hasil penelitian atau analisis tentang suatu permasalahan atau topik yang spesifik. Artikel ilmiah biasanya ditulis untuk dipublikasikan di jurnal ilmiah atau prosiding konferensi ilmiah. 
Artikel ilmiah harus memenuhi standar penulisan yang ketat, yang meliputi struktur, gaya, dan format yang sesuai dengan tata cara yang telah ditetapkan oleh jurnal atau prosiding konferensi yang bersangkutan. Artikel ilmiah juga harus mengikuti prinsip-prinsip ilmiah, yaitu harus merupakan hasil penelitian yang terdokumentasi secara sistematis, dan harus dapat diuji dan dipertanggungjawabkan oleh para peneliti lainnya.

Cara Menyusun Referensi Dari Buku Dengan Format APA 6

Untuk menulis referensi bersumber dari buku dalam gaya APA 6, ada beberapa aturan yang patut diperhatikan:

Nama Penulis

Nama penulis merupakan nama orang yang menulis sebuah karya, seperti buku, artikel, makalah, atau lainnya. Nama penulis biasanya tercantum di bagian depan atau belakang dari sebuah karya. 

Nama penulis biasanya terdiri dari nama depan dan nama keluarga, dan ditulis dengan menggunakan huruf kecil kecuali nama depan dan nama keluarga. 

Tahun Terbit

Tahun terbit adalah tahun di mana sebuah karya, seperti buku, artikel, makalah, atau lainnya, pertama kali diterbitkan. Tahun terbit biasanya tercantum di bagian depan atau belakang dari sebuah karya. 
Dalam penulisan referensi menggunakan gaya APA 6, tahun terbit biasanya dituliskan setelah nama penulis. Jika terdapat lebih dari satu penulis, maka tahun terbit harus dituliskan setelah nama penulis terakhir. 

Judul Buku

Judul buku adalah nama yang diberikan kepada sebuah buku yang menggambarkan isi atau topik yang dibahas dalam buku tersebut. Judul buku biasanya tercantum di bagian depan atau belakang dari sebuah buku, dan ditulis dengan menggunakan huruf tebal dan hanya huruf pertama setiap kata yang ditulis dengan huruf besar, judul buku biasanya dituliskan setelah tahun terbit. 

Edisi Buku

Edisi buku adalah revisi atau perubahan yang dilakukan pada sebuah buku yang telah diterbitkan sebelumnya. Edisi buku biasanya dibuat untuk memperbaiki kesalahan atau menambahkan informasi baru ke dalam buku tersebut. Edisi buku biasanya tercantum di bagian depan atau belakang dari sebuah buku. 

Nama Penerbit

Nama penerbit adalah nama perusahaan atau organisasi yang mengeluarkan atau menerbitkan sebuah karya, seperti buku, artikel, makalah, atau lainnya. Nama penerbit biasanya tercantum di bagian depan atau belakang dari sebuah karya, nama penerbit biasanya dituliskan setelah edisi buku. 

Contoh Menyusun Referensi  Dari Buku 

Penulisan Nama Penulis Buku (1 orang penulis)

  • Davis, F. (2018). Creative Writing for Beginners (2nd ed.). New York: Oxford University Press.
  • Jones, G. (2019). The History of Art (4th ed.). London: Thames & Hudson.
  • Williams, J. (2020). The Art of Communication (3rd ed.). New York: HarperCollins.
  • Smith, K. (2021). The Science of Nutrition (2nd ed.). London: Sage Publications.
  • Wilson, L. (2022). The Art of Negotiation (3rd ed.). New York: Palgrave Macmillan.

Penulis Nama Penulis Buku Yang Diterjemahkan

Berikut ini adalah contoh menulis referensi dari buku yang diterjemahkan dengan 1 orang penulis
  • Davis, F. (2018). Creative Writing for Beginners (2nd ed., diterjemahkan oleh Emily Doe). New York: Oxford University Press.
  • Jones, G. (2019). The History of Art (4th ed., diterjemahkan oleh David Doe). London: Thames & Hudson.
  • Williams, J. (2020). The Art of Communication (3rd ed., diterjemahkan oleh Karen Doe). New York: HarperCollins.
  • Smith, K. (2021). The Science of Nutrition (2nd ed., diterjemahkan oleh Laura Doe). London: Sage Publications.
  • Wilson, L. (2022). The Art of Negotiation (3rd ed., diterjemahkan oleh Mark Doe). New York: Palgrave Macmillan.

Penulis Nama Penulis Buku (jika lebih dari 1 penulis)

Berikut ini adalah contoh menulis referensi dari buku dengan penulis lebih dari 2 orang 
  • Jones, G., Williams, J., & Smith, K. (2018). Creative Writing for Beginners (2nd ed.). New York: Oxford University Press.
  • Williams, J., Smith, K., & Wilson, L. (2019). The History of Art (4th ed.). London: Thames & Hudson.
  • Smith, K., Wilson, L., & Johnson, M. (2020). The Art of Communication (3rd ed.). New York: HarperCollins.
  • Wilson, L., Johnson, M., & Williams, N. (2021). The Science of Nutrition (2nd ed.). London: Sage Publications.
  • Johnson, M., Williams, N., & Smith, O. (2022). The Art of Negotiation (3rd ed.). New York: Palgrave Macmillan.

Kesimpulan

Untuk menulis referensi yang bersumber dari buku dalam gaya APA 6, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, di antaranya:
  • Nama penulis: Nama penulis harus dituliskan dengan menggunakan huruf kecil kecuali nama depan dan nama keluarga. Jika terdapat lebih dari satu penulis, maka nama penulis harus dituliskan dalam urutan abjad dan dipisahkan dengan tanda koma.
  • Tahun terbit: Tahun terbit harus dituliskan setelah nama penulis. Jika terdapat lebih dari satu penulis, maka tahun terbit harus dituliskan setelah nama penulis terakhir.
  • Judul buku: Judul buku harus dituliskan dengan menggunakan huruf tebal dan hanya huruf pertama setiap kata yang ditulis dengan huruf besar.
  • Edisi buku: Edisi buku harus dituliskan setelah judul buku. Jika buku tersebut merupakan edisi pertama, maka tidak perlu mencantumkan edisi tersebut.
  • Nama penerbit: Nama penerbit harus dituliskan setelah edisi buku. Jika terdapat lebih dari satu penerbit, maka nama penerbit harus dituliskan
Semoga bermanfaat
LihatTutupKomentar