Google Drive Amankah Di Gunakan?

Jika Kamu seperti jutaan orang lain di dunia, Google adalah bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan. Apakah menggunakannya untuk mencari sesuatu di internet, mencari jalan di sekitar kota, atau menulis email, Google membuat hidup Anda sedikit lebih mudah. Tetapi bagaimana dengan Google Drive? Seberapa amankah Google Drive? Apakah aman menyimpan file pribadi di penyimpanan cloud? Kita akan membahas semua yang perlu Anda ketahui sebelum menyimpan file di Google Drive. 

Enkripsi Google Drive

Perlu diingat bahwa peretasan terjadi pada Gmail, bukan Google Drive secara langsung. Sejak saat itu, Google telah menambah lapisan keamanan tambahan untuk mencegah peretasan di masa depan. Saat ini, Google menggunakan teknologi enkripsi untuk mengenkripsi semua file yang diunggah ke Google Drive, sehingga terus terproteksi di akun. Jika ingin memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi, Kamu juga dapat mengenkripsi data sendiri sebelum mengunggahnya ke Google Drive, sehingga menambah lapisan keamanan di atas keamanan yang sudah diberikan oleh Google Drive.

Autentikasi Dua Faktor

Meskipun kata sandi mungkin merupakan kata sandi yang paling sulit di dunia, masih ada kemungkinan bahwa kata sandi tersebut dapat ditembus. Jangan biarkan hal itu membuat ragu untuk membuat kata sandi yang kuat, tetapi Google juga menambah lapisan keamanan tambahan untuk membantu melindungi Google Drive. 
Ini disebut autentikasi dua faktor. Saat mengakses akun, harus memasukkan kata sandi dan kemudian menerima pesan teks di perangkat seluler atau aplikasi lain yang dipilih, yang meminta Kamu untuk memasukkan nomor yang diterima sebelum dapat mengakses akun Anda. Semakin banyak rintangan yang harus diatasi oleh seorang hacker, maka file Google Drive Anda akan semakin aman. Langkah tambahan ini bisa menjadi perbedaan antara keberhasilan atau kegagalan seorang hacker. 

Pengaturan Privasi

Setelah menggunakan enkripsi dan autentikasi dua faktor untuk melindungi file di Google Drive, juga dapat mengubah pengaturan privasi pada dokumen dan folder. Google Drive sebelumnya memiliki proses langkah demi langkah untuk menjadikan file atau folder pribadi setelah mengunggahnya, tetapi setiap dokumen atau folder yang di unggah ke Google Drive secara otomatis ditandai sebagai pribadi hingga Saudara mengubahnya. 
Sebelumnya, Kita harus mengeklik kanan pada folder atau file yang ingin di tandai sebagai pribadi. Kita harus melakukan langkah-langkah tersebut juga jika ingin membuat dokumen atau folder menjadi publik. Inilah langkah-langkah untuk membagikan file di Google Drive:
  1. Buka folder atau file yang ingin Anda bagikan dan klik kanan padanya.
  2. Pilih opsi "Bagikan", dan sebuah jendela akan muncul.
  3. Pada opsi teratas, dapat memasukkan orang atau grup yang ingin di bagikan file Anda. Ada juga opsi di bawah yang memungkinkan Anda untuk menyalin tautan ke file dan memberikan akses kepada siapa pun yang memiliki tautan tersebut.
  4. Klik "Selesai", dan Kamu telah berhasil membagikan file.
Perusahaan yang menggunakan Google Suite Bisnis juga dapat mengikuti langkah-langkah ini untuk membagikan file di Google Drive. Ini memudahkan banyak orang yang bekerja di perusahaan yang sama untuk saling berbagi dan melihat dokumen satu sama lain dengan mengklik tautan.

Mengapa Pengaturan Privasi Penting?

Sebelum Google mengubah semua unggahan menjadi pribadi, file di akun Google tersedia untuk dilihat oleh siapa saja yang mencarinya. File publik dapat muncul di mesin pencari, dan siapa pun yang mengekliknya dapat melihat dokumen Google Drive. Sekarang, setelah semua file dijadikan pribadi secara otomatis saat diunggah, file tersebut tidak akan diindeks oleh Google atau mesin pencari lainnya. Dokumen pribadi hanya dapat dilihat oleh pemiliknya sampai mereka memutuskan untuk membaginya dengan orang tertentu atau menjadikannya publik. Dengan pengaturan privasi ini, Google telah membuat semua orang merasa lebih tenang karena tidak perlu masuk ke setiap dokumen untuk menjadikannya pribadi. Kemudian terserah Anda untuk melakukan perubahan jika perlu membagikan dokumen tersebut.

Apakah Google Drive Aman untuk Bisnis?

Kita telah menyebutkan bahwa berbagi file melalui Google Drive dengan Business Gmail Suite sangat bermanfaat bagi perusahaan yang perlu berbagi informasi dengan banyak pengguna. Namun, apakah Kita harus menggunakan Google Drive untuk bisnis? Mari kita lihat beberapa statistik. Lebih dari dua miliar orang menggunakan Google Drive untuk menyimpan data mereka, di antaranya banyak bisnis yang juga memanfaatkan layanan penyimpanan cloud ini. 
Hal ini disebabkan karena Google mempermudah berbagi dan mengakses file antara karyawan di perusahaan yang sama, serta enkripsi Google Drive yang berkualitas tinggi. Data yang disimpan di Google Drive terenkripsi di pusat data, dan setelah diunggah, file tersebut dipotong menjadi potongan-potongan kecil di belakang layar. Untuk mengakses informasi tersebut, diperlukan beberapa kunci enkripsi, yang membuatnya sulit bagi hacker untuk mengakses file Anda. Bisnis mempercayai Google Drive untuk menjaga keamanan data sensitif mereka. Selain itu, setiap pengguna yang mendaftar akun Google secara otomatis menerima penyimpanan cloud gratis sebesar 15 GB. Ini merupakan kemenangan bagi semua pengguna!

Gmail VS Google Drive

Orang sering bertanya-tanya apakah Google Drive lebih aman daripada Gmail, terutama setelah ada pelanggaran keamanan beberapa tahun yang lalu. Namun, ketika kita membandingkan Gmail dengan Google Drive, keduanya sebenarnya sama. Setelah Anda masuk ke Gmail, Anda dapat mengakses Google Drive Anda tanpa harus memasukkan kembali kata sandi. Jika seorang hacker berhasil masuk ke salah satu akun, maka kedua akun tersebut akan terancam. Namun, Google sekarang menggunakan enkripsi dan autentikasi dua faktor untuk membuat keamanan Google Drive dan Gmail lebih sulit ditembus. Google sangat serius dalam menjaga keamanan sehingga Kita dapat menggunakan akun dengan tenang.

Google Drive VS Dropbox

Persaingan yang sehat terjadi di antara berbagai perusahaan, dan Dropbox merupakan salah satu pesaing utama Google Drive dalam hal penyimpanan cloud. Seperti Google Drive, Dropbox mudah digunakan dan menawarkan opsi gratis untuk individu. Ini menyediakan tempat terpusat bagi pengguna untuk berbagi file dengan rekan kerja. 
Dropbox bekerja dengan produk Windows, Android, dan Apple, seperti halnya Google Drive. Meskipun tidak ada banyak perbedaan antara kedua produk ini, ketika Anda mencari penyimpanan gratis, Google Drive memberi Anda penyimpanan gratis sebesar 15 GB, sedangkan Dropbox hanya memberi Anda penyimpanan gratis sebesar 2 GB. Anda dapat mendapatkan lebih banyak penyimpanan di Dropbox, tetapi Kita harus membayar untuk itu. Selama layanan cloud berjalan, Dropbox merupakan pilihan yang baik untuk privasi dan keamanan yang mirip dengan menggunakan Google Drive.

Cloud Storage Rocks

Google Drive tidak hanya memungkinkan Anda menyimpan data ke cloud, tetapi juga melindungi data Kita dari serangan hacker online. Jadi, apakah Google Drive aman? Jawabannya adalah ya! Menggunakan Google Drive adalah cara aman untuk mengontrol siapa yang bisa melihat data, dan memungkinkan pengguna untuk bekerja dengan rekan bisnis mereka dari mana saja di dunia.
Sumber: Google.com, Folkd.com
Semoga bermanfaat
LihatTutupKomentar