Cara Menampilkan DOI Pada Website OJS 3.3

Pada kesempatan ini, saya akan berbagi trik bagaimana tips menampilan DOI OJS 3.3. Tentu cara ini hanya bisa di gunakan pada website OJS versi 3 dan belum tentu bisa diterapkan pada website OJS 2. Menampilan DOI pada halaman website merupakan kreatifitas dari pengelola website, sehingga pengunjung saat mendatangi halaman website dari artikel tersebut dapat dipermudah dalam mencari DOI artikel tersebut. 
Jika Saudara ingin melihat tampilan DOI seperti gambar dibawah ini, Saudara harus melakukan beberapa pengaturan terlebih dahulu pada website OJS yang dikelola. Pada website Jurnal Prajaiswara yang kami kelola menggunakan thema manuscrip (Default child theme).

Cara Menampilkan DOI Pada Website OJS 3.3

Berikut ini langkah-langkah dalam menampilkan DOI pada OJS 3.3:

Langkah Pertama Yang Harus Dilakukan

  • Masuk ke CPanel dengan menggunakan akun Saudara.
  • Login ke CPanel, lalu masuk ke folder OJS-----> Pages-----> Issue-----> edit file IssueHandler.inc.php, lalu pastekan kode berikut ini pada baris 284
  • Seperti contoh gambar dibawah ini:
  • Simpan perubahan

Langkah Kedua Yang Harus Dilakukan

  • Buka folder OJS-----> Templates-----> Frontend-----> Objects-----> selanjutnya edit file article_summary.tpl dan pastekan kode berikut ini pada baris 78:
  • Seperti contoh gambar di bawah ini.
  • Setelah selesai klik save, Saudara telah selesai memasangnya dan jangan lupa refresh dulu website OJS 3.

Baca juga: Solusi Gagal Mengirim Email di Website OJS 3.3

Kesimpulan

Dalam menampilkan DOI pada website OJS 3.3, penting untuk memahami pengaturan dan konfigurasi yang tepat untuk memastikan bahwa DOI dapat diakses dan digunakan dengan efektif. Dengan menampilkan DOI pada website OJS 3.3, artikel yang diterbitkan dapat lebih mudah diindeks dan ditemukan oleh pembaca dan pengindeks mesin pencari.
LihatTutupKomentar