Proses Jurnal Terakreditasi Nasional

Jurnal nasional terakreditasi adalah jurnal ilmiah yang terlah melalui akreditasi dan telah memenuhi persyaratan kualitas penelitian yang telah ditetapkan oleh Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian Kepada Masyarakat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, merupakan lembaga pemerintah yang bertanggung jawab untuk melakukan akreditasi terhadap lembaga penelitian di Indonesia. 
Tujuan dari akreditasi nasional jurnal ilmiah adalah untuk memberikan rekomendasi kepada pemerintah mengenai kelayakan suatu jurnal ilmiah untuk mendapatkan sertifikasi atau akreditasi. Dengan demikian, jurnal ilmiah yang telah mendapatkan akreditasi nasional dianggap memiliki kualitas yang baik dan dapat dipercaya oleh para pakar di bidangnya. 
Melalui proses akreditasi ini, diharapkan dapat meningkatkan mutu jurnal ilmiah yang ada di Indonesia, sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi para peneliti dan pengamat di bidang terkait.

Proses Jurnal Terakreditasi Nasiona

  • Kunjungi website : https://arjuna.kemdikbud.go.id
  • Klik tulisan "login" pada sudut kanan atas, sehingga tampilan antar muka website seperti gambar diatas, jika Saudara belum mempunyai akun, "create akun" terlebih dahulu jika sudah punya, Saudara tinggal "login".
  • Setelah Saudara login pada halaman website ARJUNA, pada sidebar sebelah kiri terdapat tulisan "kelola terbitan"-----> "daftar terbitan"----->klik "Borang Arjuna".
  • Lengkapi data "Editor Username (OJS)" dan "Editor Kata sandi (OJS)", sesuaikan dengan apa yang tertulis di website OJS Saudara. Setelah data tersebut di isi, selanjutnya klik "simpan"
  • Pada tahap selanjutnya, klik "instrumen evaluasi diri", isi point 1 sampai dengan 8 tersebut, selanjutnya "simpan".
  • Gambar dibawah ini merupakan "form instrumen evaluasi diri".
  • Setelah semua data-data Saudara isi, klik "SIAP AKREDITASI" proses akreditasi telah selesai Saudara lakukan, dan tinggal menunggu proses penilaian dari "Asesor" yang membutuhkan waktu lebih kurang 3 bulan. Untuk mendapatkan Informasi terkait hasil penilai akreditasi, dapat dilihat di melalui akun ARJUNA tersebut.

Kesimpulan

Proses jurnal terakreditasi nasional melibatkan pengajuan permohonan akreditasi, penilaian oleh tim pemeriksa, verifikasi dan sertifikasi oleh BRIN dan/atau Kemdikbud, serta perpanjangan akreditasi. Akreditasi jurnal sangat penting dalam meningkatkan kualitas dan reputasi jurnal, serta meningkatkan kepercayaan pembaca dan pengguna jurnal.
LihatTutupKomentar