Tips Menjadi Seorang Blogger Pemula Yang Handal

Apakah kamu sudah tahu apa itu blogger? Profesi atau pekerjaan ini cukup populer di dunia internet. Namun tahukah kamu, di samping tren penggunaan media sosial, blogger tetap eksis hingga saat ini. Berkembangnya digital marketing ternyata berdampak langsung pada blogger.

Tips Menjadi Seorang Blogger Pemula Yang Handal

Jadi, apakah kamu tertarik menjadi blogger? Jika iya, yuk simak beberapa tips berikut.

1. Tentukan tujuan

Sebelum membuat blog, kamu harus menentukan tujuan terlebih dahulu. Pertama-tama, kamu harus tahu apakah blog ini akan menjadi prioritas atau hanya sampingan. Ada beberapa alasan orang menjadi blogger, seperti memiliki passion dalam menulis, membuat berbagai karya, atau mencari keuntungan. Jika sudah menentukan tujuan, maka kamu akan mengetahui langkah-langkah awal yang harus dilakukan. Mulai dari membuat blog, mengatur tampilan, membuat konten, hingga mempromosikannya. Dengan memiliki tujuan yang pasti, kamu akan lebih mudah menjalani proses dalam berkarier sebagai seorang blogger.

2. Buat platform blog

Tidak mungkin menjadi blogger tanpa memiliki blog. Setelah menentukan tujuan, langkah selanjutnya adalah membuat platform yang akan menjadi blogmu. Saat ini, banyak tersedia berbagai macam jenis website penyedia blog seperti Wordpress.com, Blogger.com, Wix, Medium, dan masih banyak lagi.
Misalnya, jika kamu ingin menggunakan Blogger.com, kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah berikut:
  • Login ke blogger dengan akun gmail
  • Di sebelah kiri, klik tanda panah bawah.
  • Kemudian klik Blog baru.
  • Masukkan nama blog.
  • Klik berikutnya.
  • Pilih URL atau alamat blog.
  • Klik simpan
Bagi kamu yang menggunakan website lainnya, kamu hanya perlu melakukan pendaftaran dan mengikuti setiap langkah-langkahnya.

3. Tentukan target pembaca, niche, serta topik dari konten

Sebelum memulai membuat konten, penting bagi kamu untuk mengetahui siapa yang akan mengakses blog-mu. Kamu harus memahami calon pembacamu, sama halnya dengan berbisnis. Dengan mengetahui siapa pembaca yang ingin kamu targetkan, akan mempermudahmu untuk membuat konten yang cocok bagi mereka. Untuk mempermudah dalam menentukan calon pembaca, kamu bisa membagi mereka menjadi beberapa kelompok demografi seperti gender, usia, pekerjaan, atau hobi. Setelah itu, kamu juga bisa membuat niche yang sesuai. Misalnya, jika kamu menyukai menulis tentang tempat-tempat wisata, maka para traveller dan pelancong sangat cocok sebagai niche dari blogmu. Kemudian, setelah menentukan dua hal tersebut, kamu bisa mengembangkan berbagai topik konten tulisan yang cocok dengan niche pembacamu.

4. Mulailah mendesain tampilan blog

Setelah memiliki platform blog, jangan lupa untuk membuat tampilan blogmu menjadi menarik. Kebanyakan inti dari blog adalah tulisan, namun jika tampilan blogmu tidak menarik, maka pembaca malah akan malas mengunjungi blogmu. Baik bagi kamu yang menggunakan Blogger atau Wordpress, pada saat ini sudah banyak tersedia berbagai tema

5. Konsisten

Ya, konsistensi sangat penting untuk menjadi seorang blogger profesional. Kamu harus konsisten dalam menghasilkan konten, tetapi bukan berarti harus terus-menerus membuat konten. Kamu bisa menentukan jadwal publikasi. Dengan konsistensi, kamu bisa membuat blogmu semakin dikenal dan membuka peluang yang lebih besar untuk berinteraksi dengan pembaca.

Kesimpulan

Untuk menjadi seorang blogger yang sukses, ada beberapa langkah yang dapat diambil seperti menentukan niche yang tepat, membuat konten yang berkualitas dan orisinal, mempromosikan blog dengan tepat, dan menjaga konsistensi dalam memproduksi konten. Selain itu, untuk terus berkembang dan meningkatkan kemampuan, seorang blogger perlu selalu belajar dan mengasah keterampilannya.

LihatTutupKomentar