Cara Memeriksa dan Menurunkannya Spam Score

Situs spam adalah situs berkualitas rendah yang dibuat untuk menghasilkan uang dengan menawarkan nilai atau manfaat yang minimal. Alhasil, situs-situs ini tidak populer di mesin pencari seperti Google, karena situs spam memiliki nilai asli yang lebih rendah, mesin pencari tidak ingin menampilkan mereka dalam hasil pencarian.
Jadi mereka mencoba mengidentifikasi situs-situs tersebut dan memberikan peringkat SEO yang lebih rendah. Mengapa perlu tahu semua ini? Karena jika situs Kita terlihat seperti situs spam di mata Google, dapat dikenai sanksi. Ini akan mengabaikan semua upaya SEO yang telah Anda lakukan untuk meningkatkan peringkat situs Anda. Untuk menurunkan skor spam sebuah situs, pertama-tama harus mengetahui apa yang menyebabkan skor spam yang tinggi. 

Bagaimana Cara Memeriksa Spam Score?

Jadi, bagaimana bisa tahu apakah situs terlihat seperti situs spam? Moz dengan mudah memberikan skor spam ketika memeriksa situs web. Berikut adalah hasil skor spam Anda:
1-30% lebih rendah.
31-60% sedang.
61-100% tinggi.
Perlu diingat bahwa skor spam yang tinggi tidak berarti bahwa situs berisi spam! Ini hanya menunjukkan bahwa situs Anda memiliki beberapa kenyamanan dengan situs web yang seringkali merupakan spam.
 Baca juga: Research Rabbit: Cara Mencari Sumber Referensi
Jika tidak menerima hukuman apa pun, itu tidak berarti harus membuat perubahan yang drastis dan panik. Namun, ada baiknya melihat apa saja sinyal spam tersebut, dan membuat perubahan apa pun yang Anda rasa dapat membantu - terutama jika Anda ingin menghindari hukuman di masa depan jika Google memutuskan untuk menindak sinyal spam tersebut. Gambar dibawah ini merupakan contoh dari website Jurnal Prajaiswara yang mempunyai span skore tergolong rendah, sekitar 6% yang tadinya berkisar 17%.

Faktor Penyebab Spam Score Tinggi

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan skor spam yang tinggi, antara lain:

Menggunakan teknik SEO yang tidak sesuai dengan aturan 

Teknik SEO yang tidak sesuai dengan aturan adalah teknik yang tidak diakui oleh mesin pencari sebagai cara yang sah untuk meningkatkan peringkat situs dalam hasil pencarian. Beberapa contoh teknik SEO yang tidak sesuai dengan aturan adalah:
  • Gunakan kata kunci yang tidak relevan atau tidak sesuai dengan konten situs.
  • Menggunakan tautan yang tidak relevan atau tidak sesuai dengan konten situs.
  • Mengklik sendiri link situs untuk meningkatkan PageRank.
  • Menggunakan tautan yang meragukan atau tidak aman.
  • Gunakan pop-up atau redirect yang tidak sesuai dengan aturan.
Menggunakan teknik SEO yang tidak sesuai dengan aturan dapat menyebabkan peningkatan skor spam situs dan menurunkan peringkat situs dalam hasil pencarian. Sebaliknya, ada baiknya menggunakan teknik SEO yang sesuai dengan aturan dan memberikan nilai yang sebenarnya kepada pengunjung situs.

Mengirim banyak tautan ke situs lain yang tidak terkait dengan konten situs

Mengirim banyak tautan ke situs lain yang tidak terkait dengan konten situs dapat menyebabkan skor spam sebuah situs menjadi tinggi. Mesin pencari seperti Google menghargai situs yang memberikan nilai yang sebenarnya kepada pengunjungnya, dan mengirim banyak tautan ke situs lain yang tidak terkait dengan konten situs dapat menjadi indikasi bahwa situs tersebut tidak memberikan nilai yang sebenarnya kepada pengunjungnya.

Menggunakan tautan yang meragukan atau tidak aman

Menggunakan tautan yang meragukan atau tidak aman dapat menyebabkan skor spam sebuah situs menjadi tinggi. Tautan yang meragukan atau tidak aman dapat berupa tautan yang mengarah ke situs yang tidak dapat dipercaya atau berbahaya, seperti situs phishing atau situs yang menyebarkan virus. 
Mesin pencari seperti Google tidak menghargai situs yang mengandung tautan yang dipertanyakan atau tidak aman, karena tautan tersebut dapat merugikan pengunjung situs.

Menggunakan teknik yang tidak sesuai dengan aturan 

Menggunakan teknik yang tidak sesuai dengan aturan untuk meningkatkan lalu lintas ke situs dapat menyebabkan skor spam sebuah situs menjadi tinggi. Beberapa contoh teknik yang tidak sesuai dengan aturan untuk meningkatkan traffic ke situs seperti Gunakan pop-up atau redirect yang tidak sesuai dengan aturan. 
Menggunakan teknik yang tidak sesuai dengan aturan untuk meningkatkan lalu lintas ke situs dapat menyebabkan peningkatan skor spam situs dan menurunkan peringkat situs di hasil pencarian

Cara Menurunkan Spam Score

Untuk menurunkan skor spam situs, bisa melakukan beberapa hal berikut:

Rutin update artikel dengan menggunakan SEO

Sesuai pengalaman pribadi, rutin memperbarui artikel baru setiap hari terbukti dapat menurunkan spam score situs web dengan cepat. Selain itu, manfaat dari menulis artikel setiap hari adalah membuat keyword situs web lebih bervariasi sehingga lebih banyak hal yang dapat di-ranking di halaman pertama Google. Akhirnya, blog atau situs web kita akan memiliki peluang untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas dari Google, yang dapat meningkatkan pendapatan, baik dari Adsense maupun sumber lainnya.

Disavow backlink

Meskipun dalam kasus ini saya tidak melakukan disavow backlink sama sekali, namun disavow backlink juga merupakan salah satu cara untuk menurunkan spam score. Namun, pastikan untuk hanya menolak backlink yang datang dari situs web yang buruk. 
Harus diakui, disavow backlink cukup merepotkan karena biasanya setiap bulan selalu ada tautan dari situs web yang tidak sehat yang mengarah ke URL situs web kita. Untuk itu, Anda bisa melakukan disavow backlink setiap akhir bulan atau setiap 3 bulan sekali. 
Dari pengalaman, situs web yang memiliki buffer authority yang baik tidak mudah terpengaruh oleh spam backlink dari kompetitor. Lebih mudah bagi pesaing untuk mengalahkan pesaing situs web dengan membangun backlink sendiri. Oleh karena itu, fokuskan pada pengembangan situs web Anda sendiri dengan membangun backlink secara manual dan perlahan. 
Kami selalu mengatakan tidak apa-apa jika menggunakan metode ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi untuk menjadi lebih baik), namun tidak boleh menyentuh situs web orang lain, termasuk menyerang situs web pesaing dengan backlink dari situs judi, pornografi, dan sejenisnya.

Membuat internal link

Internal link adalah tautan yang menuju ke halaman lain di dalam situs web yang sama. Beberapa petunjuk yang mengarah ke artikel terkait yang masih relevan. Teknik internal link ini termasuk teknik SEO On Page yang sangat penting untuk diterapkan. Karena itu, dalam setiap postingan sebaiknya menerapkan internal link agar postingan menjadi lebih kaya informasi dan pengunjung bisa mendapatkan informasi tambahan terkait dengan artikel yang sedang dibaca. Internal link yang tepat terbukti dapat meningkatkan DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) blog secara cepat dan menurunkan spam score situs web.

Membuat ekternal link

Jangan takut dan merasa rugi karena memasang tautan ke blog orang lain. Berdasarkan pengalaman pribadi, eksternal link dapat meningkatkan DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) dan juga menurunkan spam score. Namun, jumlah tautan eksternal tidak boleh terlalu banyak dan yang lebih penting, eksternal link harus disesuaikan dan pastikan halaman yang dituju benar-benar relevan dan merupakan situs web yang telah memiliki otoritas yang baik.

Memasang backlink berkualitas

Backlink adalah tautan dari situs lain ke situs Kita. Ini juga dikenal sebagai "tautan masuk" atau "tautan eksternal". Tautan balik penting karena dapat meningkatkan peringkat mesin pencari situs. Google khususnya menggunakan backlink sebagai salah satu faktor utama dalam menentukan ranking sebuah website di hasil pencariannya. Untuk mendapatkan backlink berkualitas tinggi, penting untuk fokus mendapatkan tautan dari situs web terkemuka dan berwibawa. Jenis situs web ini lebih cenderung berdampak positif pada peringkat pencarian Anda. Beberapa cara mendapatkan backlink berkualitas antara lain:
  • Membuat konten yang berharga dan informatif yang ingin ditautkan oleh situs web lain.
  • Berpartisipasi dalam forum industri dan memberikan komentar bijaksana di situs web lain.
  • Melakukan blog tamu di situs web terkemuka di industri Anda.
  • Membangun hubungan dengan pemilik situs web lain dan meminta tautan.
Penting juga untuk menghindari mendapatkan backlink dari situs spam atau berkualitas rendah, karena ini sebenarnya dapat merusak peringkat pencarian.

Aktifkan HTTPS

Untuk mengaktifkan HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) di situs, harus mengikuti langkah-langkah berikut:
  • Dapatkan sertifikat SSL (Secure Sockets Layer): Ini adalah jenis sertifikat digital yang digunakan untuk mengamankan komunikasi antara server dan klien. Ada beberapa cara untuk mendapatkan sertifikat SSL, termasuk membeli dari otoritas sertifikat atau mendapatkan yang gratis dari penyedia seperti Let's Encrypt.
  • Instal sertifikat SSL di server web Anda: Langkah-langkah khusus untuk melakukan ini bergantung pada jenis server yang di gunakan.
  • Konfigurasikan situs untuk menggunakan HTTPS: Setelah memasang sertifikat SSL di server, Kita harus memperbarui tautan di situs untuk menggunakan HTTPS, bukan HTTP. 
Ini biasanya dapat dilakukan dengan memperbarui pengaturan situs web atau dengan menggunakan plugin atau modul jika menggunakan sistem pengelolaan konten seperti WordPress kecuali blogspot. Uji situs untuk memastikan bahwa ia menggunakan HTTPS dengan benar. 
Setelah menyelesaikan langkah-langkah di atas, penting untuk menguji situs untuk memastikan bahwa ia menggunakan HTTPS dengan benar dan tidak ada kesalahan atau masalah. Dengan mengaktifkan HTTPS di situs, akan dapat mengamankan koneksi antara situs dan browser pengunjung, yang dapat membantu melindungi dari potensi ancaman dunia maya dan meningkatkan keamanan situs secara keseluruhan.

Kesimpulan

Cara termudah dan paling efektif untuk menurunkan skor spam DA adalah dengan menulis artikel baru yang berkualitas secara rutin, juga bisa membuat beberapa backlink dari situs yang memiliki otoritas tinggi. Selain itu, juga bisa menghindari skor spam naik dengan melakukan disavow backlink di Google Webmaster Tools secara terjadwal. Ini adalah cara yang terbukti efektif 100% berdasarkan pengalaman pribadi untuk menurunkan skor spam DA.
LihatTutupKomentar