Cara Mendapatkan lebih banyak backlink dan Apa Itu Backlink?

Tautan balik atau backlink masih penting untuk mendapat peringkat yang tinggi di SERP. Pada artikel berikut ini, Saya akan menjelaskan dasar-dasarnya, cara membuatnya, dan cara memeriksa backlink profil pesaing dan backlink website Saudara.

Apa Itu Backlink

Backlink adalah suatu tautan dari satu halaman ke halaman lainnya. Jika halaman A tertaut di halaman B, Saya mengatakan bahwa halaman B memiliki tautan baik dari halaman A. Tautan balik merupakan salah satu sinyal penting untuk peringkay di Google. 
Ada korelasi langsung antara jumlah, kualitas dan rating, ketika seseorang memposting tautan ke situs Saudara, situs Saudara akan medapatkan tautan balik dari mereka. Konten Saudara akan sangat teroptimasi jika Saudara mengoptimalkan backlink ke konten tersebut dengan catatan bahwa backlink tersbut merupakan backlink yang berkualitas, terutama backlink dari domain GOV, EDU, GO.ID, dan AC.ID

Mengapa Backling Dianggap Penting

Peringkat

Mesin pencari seperti Google menganggap backlink sebagai tanda kepercayaan. Secara umum, semakin tepercaya halaman web Anda, semakin tinggi peringkatnya saat memberikan hasil untuk kueri penelusuran yang relevan. 
Jumlah backlink dari situs unik (domain donor) berkorelasi kuat dengan lalu lintas pencarian organik. Semakin tinggi backlink (yang berkualitas) semakin baik untuk peringkat tinggi di mesin pencari.

Mudah ditemukan (Indexing)

Untuk menemukan konten baru, mesin pencari meninjau halaman yang sudah mereka ketahui, memeriksa tautan baru. Karena mesin telusur mengunjungi halaman populer lebih sering daripada yang tidak populer, mereka akan menemukan konten Anda lebih cepat jika ditautkan kembali dari halaman populer yang membantu memperbaiki masalah pengindeksan jika situs Anda belum diindeks. 

Lalu lintas rujukan

Tautan balik membantu mengarahkan orang ke hal yang paling mereka minati, sehingga orang mengkliknya. Ketika seseorang mengklik tautan ke situs Anda, Anda mendapatkan lalu lintas rujukan. Alasan lain untuk membangun backlink adalah untuk peningkatan DA atau DR, ini harus bersifat sekunder. 
Saat membangun backlink untuk lalu lintas peringkat atau rujukan, Anda secara otomatis meningkatkan DR atau DA Anda, tetapi saat Anda membangun untuk meningkatkan DA atau DR, Anda mungkin tidak memberi peringkat atau mendapatkan lalu lintas.

Jenis Tautan

Ada 2 jenis backlink, yaitu No Follow dan Do Follow, berikut ini penjelasannya:

Tautan No Follow

Tautan no-follow adalah tautan yang berisi atribut rel = ”nofollow” dalam kode HTML-nya. Itu (atribut nofollow) diperkenalkan oleh Google pada tahun 2005 dan mengharuskan mesin pencari untuk tidak mentransfer jus tautan ke halaman yang dituju oleh tautan tersebut. Contoh, di mana atribut Nofollow dapat digunakan, antara lain: Tautan dalam komentar-membantu melawan spam dalam komentar, karena membuat tautan dalam komentar menjadi kurang berharga, tidak seperti tautan do-follow. 
Meskipun link No-follow tidak menunjukkan otoritas, link tersebut tetap penting. Mereka dapat membawa manfaat lain:
  • Mereka dapat berfungsi sebagai petunjuk untuk Google — pada tahun 2019, Google mengumumkan akan mempertimbangkan tautan nofollow sebagai petunjuk untuk pemahaman dan analisis tautan yang lebih baik. Misalnya, tautan dari Wikipedia yang merupakan tautan no-follow dianggap penting.
  • Mereka dapat memberi Anda lalu lintas - tautan nofollow mungkin tidak memberi Anda "poin SEO", tetapi masih dapat memberi Anda lalu lintas yang relevan.
  • Mereka mendiversifikasi profil tautan Anda — Tautan nofollow adalah bagian alami dari setiap profil tautan, dan akan mencurigakan jika tidak memilikinya.

Tautan Do Follow

Tautan do follow adalah tautan yang mengizinkan mesin pencari untuk mengikuti tautan dan mengambil nilai SEO dari halaman web yang ditautkan. Berikut adalah beberapa contoh tautan do follow:
  • https://www.example.com
  • <a href="https://www.example.com">Klik di sini</a>
  • <a href="https://www.example.com" rel="do-follow">Klik di sini</a>
Namun, perlu diingat bahwa dalam mengoptimalkan SEO sebuah situs web, tidak hanya tautan do follow yang penting, tetapi juga tautan no follow yang memberikan keamanan dan keseimbangan SEO yang baik pada situs web.

Bagaimana Cara Membuat Backlink yang Baik?

Terdapat bebrbagai cara untuk medapatkan backlink:

Metode gratis

Dengan metode ini, Anda akan mendapatkan backlink tanpa membayarnya. 

Tautan Alami

Ini adalah salah satu cara termudah dan paling ampuh untuk mendapatkan backlink untuk situs Anda. Seperti namanya, tautan ini diperoleh secara alami, tanpa upaya apa pun dari Anda. Situs web tertaut ke situs Anda. Ini terjadi jika situs Anda memiliki konten yang unik, menarik, dan bermanfaat (dapat berupa alat gratis).

Backlink timbal balik

Ini juga dikenal sebagai pertukaran tautan. Misalnya, Situs A menautkan ke situs B dan situs B menautkan ke situs A. Ini bisa berupa posting tamu atau penyisipan tautan. Tukar link bisa dikatakan spam link jika dilakukan secara berlebihan dan bisa mempengaruhi SEO Anda.

Tautan yang dibuat sendiri

Tautan semacam itu berdampak paling kecil pada peringkat situs di mesin telusur (karena dapat ditandai sebagai spam) jika Anda tidak melakukannya dengan benar. Tetapi mereka akan membantu menarik pengunjung baru ke situs Anda.
  • Meninggalkan tautan balik serupa ke situs di forum, di komentar di blog, dan di situs profil terkenal. Namun informasi yang Anda berikan harus berharga dan berguna (dan bukan hanya “kunjungi situs web kami, kami menjual produk ini”). Ini dapat meningkatkan kredibilitas dan lalu lintas situs Anda.
  • Menambahkan backlink ke direktori online (seperti Yelp, Yellow Pages, Google Addresses, dan sebagainya). Tautan ini sangat berguna jika mempromosikan bisnis di wilayah yang sama (kutipan).
  • Posting tamu
  • Mengganti tautan yang tidak berfungsi
  • Metode gedung pencakar langit
  • Referensi tanpa tautan

Backlink Berbayar

Tautan dapat dibeli dari webmaster dan blogger. Ini bisa dalam bentuk:
  1. Posting Tamu
  2. Penyisipan tautan
  3. Rilis PR dan sebagainya
LihatTutupKomentar