-->

Menulis Daftar Pustaka Menggunakan Mendeley Microsoft Word

Menulis daftar pustaka dengan menggunakan aplikasi Mendeley Microsoft Word, hal pertama yang Anda lakukan adalah memasang aplikasi Mendeley pada MS Word. Berikut ini langkah-langkah dalam menulis daftar pustaka pada Artikel Ilmiah:

Download Mendeley di Microsoft Word

Ada beberapa cara untuk download Mendeley, cara pertama download langsung melalui microsoft office dan cara kedua akan kita bahas pada artikel selanjutnya.
  • Buka aplikasi MS Word di komputer atau laptop.
  • Setelah MS Word terbuka, pada header atas klik "Insert", skrol ke bawah terdapat tulisan "Add-Ins" klik "Get Add-Ins".
  • Pada kolom "Search" ketik "Mendeley", setelah muncul icon Mendeley selanjutnya tambahankan aplikasi Mendeley tersebut ke MS Word dengan dengan klik tulisan "Add".
  • Setelah proses instalasi berjalan dengan lancar, maka pada sudut kanan atas akan terdapat logo Mendeley yang menandakan bahwa aplikasi Mendeley sudah terinstal di MS Wod dan siap digunakan menulis daftar pustaka di artikel ilmiah Anda.

Baca juga: Cara Menambahkan Sumber Referensi Menggunakan Mendeley Web Importer

Menulis Daftar Pustaka

Sekarang Anda sudah bisa menggunakan Mendeley di MS Word untuk mengelola sumber-sumber referensi dan menulis daftar pustaka. Adapun cara menulis daftar pustaka sebagai berikut:
  • Buka MS Word dan buat dokumen baru atau buka artikel imiah yang sudah Anda tulis yang akan ditambahkan daftar pustaka.
  • Klik tab "Referensi" pada ribbon di atas. Kemudian, klik aplikasi "Mendeley Cite". Ini akan membuka jendela Mendeley di samping dokumen Word.
  • Tambahkan sumber-sumber yang akan Anda gunakan dalam daftar pustaka ke dalam Mendeley. Anda bisa menambahkan sumber secara manual atau dengan mengimpor dari database online seperti Google Scholar atau PubMed. Bagaimana cara menambahkan sumber atau mengimport data base secara online dapat dibaca pada artikel yang berjudul "Cara Input Referensi Menggunakan Mendeley Web Importer Terbaru"
  • Setelah sumber-sumber tersedia di Mendeley, kembali ke dokumen Word Anda dan tempatkan cursor di tempat yang ingin Anda tambahkan daftar pustaka.
  • Klik tab "Referensi" lagi dan pilih "Insert Citation". Ini akan membuka jendela "Tambah Daftar Pustaka" di samping dokumen Word Anda.
  • Pilih jenis daftar pustaka yang ingin Anda gunakan, misalnya "APA 6th edition" atau "Chicago Manual of Style". Kemudian, pilih sumber-sumber yang ingin Anda tambahkan ke daftar pustaka dengan mencentang kotak di samping nama sumber.
  • Klik "Insert Citation" untuk menambahkan nama penulis ke dokumen Word Anda seperti gambar diatas.
  • Selanjutnya letakan kursor dimana anda mau membuat list daftar pustaka, klik titik tiga pada pojok kanan diatas, klik tulisan "Insert Bibilography" maka secara otomatis daftar pustaka anda akan tersusun. Untuk lebih jelasnya dalam menyusun urutan daftar pustaka, dapat di baca pada "Author Guidelines Jurnal Prajaiswara"

Kesimpulan

Dalam penulisan suatu artikel baik itu ilmiah atau sekedar hobbi, alangkah baiknya jika kita mencantumkan asal sumber berita tersebut dengan cara mengutip, karena hal tersebut salah satu cara untuk menghargai karya orang lain dan menghargai diri kita sendiri karena kita bukan termasuk golongan plagiarism atau mencuri ide orang.
Semoga bermanfaat
LihatTutupKomentar