Strategi Membangun Link Building yang Ampuh untuk SEO di Tahun 2023

Membangun tautan merupakan salah satu taktik SEO off-page yang sangat penting untuk diterapkan pada situs web Anda jika ingin meningkatkan lalu lintas pada tahun 2023. Situs web yang ingin mendapatkan peringkat yang lebih baik di halaman hasil mesin pencari (SERPs) membutuhkan konten berkualitas tinggi dengan tautan.
Namun, membangun tautan masuk berkualitas tinggi dapat menjadi suatu tantangan yang sulit, dan jika dilakukan dengan cara yang salah, hal tersebut dapat merugikan situs web Anda atau bahkan membuat peringkat Anda stagnan daripada meningkat.
Di masa tahun 2023, semakin banyak perusahaan yang beralih ke pemasaran digital, sehingga SEO menjadi semakin penting. Meskipun Anda mungkin pernah bekerja dengan perusahaan yang menyediakan layanan SEO, memahami teknik membangun tautan dapat membantu meningkatkan penjualan dan konversi online. Sebelum menjelaskan strateginya, penting untuk memahami terlebih dahulu apa itu membangun tautan.

SEO Membangun Tautan Link Building

Pembuatan tautan adalah praktik memperoleh tautan yang relevan dari situs web eksternal ke situs web Anda. Hyperlink atau tautan digunakan untuk menghubungkan antara halaman web. Pembuatan tautan bertujuan untuk meningkatkan jumlah tautan berkualitas tinggi yang mengarah ke situs web tertentu untuk meningkatkan visibilitasnya di hasil mesin pencari.
Situs web yang memiliki jumlah tautan berkualitas tinggi akan mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di hasil pencarian mesin pencari. Mesin pencari akan memeriksa situs eksternal dan situs web yang terhubung dengan hyperlink. Tautan ini memungkinkan hasil pencarian untuk menjelajah internet.
Terdapat dua jenis tautan penting dalam pembuatan tautan, yaitu tautan internal dan tautan eksternal. Tautan internal digunakan saat Anda menambahkan tautan ke situs web Anda yang mengarahkan pengguna ke halaman lain di situs web yang sama. Sedangkan tautan eksternal mengarah dari situs web Anda ke situs web yang dioperasikan oleh pihak ketiga atau sebaliknya.
Ketika Anda fokus pada kedua jenis tautan ini, pembuatan tautan menjadi sukses. Selain itu, tautan dapat ditambahkan ke kata-kata tertentu atau bahkan gambar di situs web. Perbedaan antara pembuatan tautan dan tautan balik mungkin masih belum jelas.
Pembuatan tautan mencakup bagian tentang backlinking, yaitu taktik SEO yang digunakan untuk mendapatkan "tautan balik" dari situs eksternal yang memiliki otoritas domain tinggi dan penting bagi bisnis Anda.

Strategi Teratas untuk Membangun Tautan dalam SEO

Jangan menggunakan tautan berkualitas rendah yang tidak membawa lalu lintas ke situs Anda atau memiliki konten yang di bawah standar saat menerapkan strategi membangun tautan.
Google dapat mengidentifikasi tautan yang diperoleh dari sumber tautan berkualitas rendah, dan jika strategi pembuatan tautan melanggar standar webmaster Google, mesin telusur dapat menempatkan situs web di dalam daftar hitam.
Di bawah ini adalah 7 saran teratas untuk membangun tautan SEO pada tahun 2023, beserta beberapa tips tentang cara memanfaatkannya untuk meningkatkan kinerja SEO situs Anda.

Guest Bloging

Salah satu teknik kreatif untuk menunjukkan keahlian dalam bidang tertentu dan mendapatkan backlink berkualitas tinggi adalah melalui blogging tamu. Teknik backlink ini sangat diinginkan karena dapat meningkatkan peringkat situs web dan meningkatkan jumlah lalu lintas.
Namun, untuk mendapatkan hyperlink yang baik, sangat penting untuk mempublikasikan posting blog di situs web dengan otoritas tinggi yang relevan dengan niche Anda.
Pastikan bahwa situs web tersebut asli dan terkait dengan audiens inti Anda. Selain itu, pastikan bahwa konten bermanfaat bagi situs web tersebut. Dengan melakukan hal ini, dapat meningkatkan jumlah lalu lintas dan arahan berkualitas tinggi ke situs web Anda.
Komponen paling penting dari blogging tamu adalah memastikan bahwa konten yang Anda tulis adalah asli dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya. Jangan berkontribusi pada situs web yang menerbitkan konten duplikat.
Jika konten Anda diterbitkan di situs web yang memiliki konten duplikat, konten Anda mungkin tidak berfungsi dengan baik, yang dapat menurunkan peringkat dalam hasil pencarian secara otomatis.

Strategi untuk Broken Links

Akibatnya, tautan internal mereka di situs web lain dapat rusak dan menghasilkan kesalahan 404, memberi peluang yang optimal untuk mempromosikan situs web Anda sebagai pengganti yang sesuai. Taktik membangun tautan ini melibatkan mencari halaman dengan tautan mati (tautan yang tidak lagi berfungsi) dan merekomendasikan untuk menggantinya dengan tautan ke artikel di situs web Anda.
Ini adalah taktik yang menguntungkan kedua belah pihak dalam sebuah kesepakatan yang menguntungkan. Pendekatan SEO teknis yang digunakan di halaman dapat membantu menemukan tautan yang rusak di situs lain. Selain itu, untuk menemukan tautan rusak di mana merek dapat menjadi pengganti yang layak, Anda dapat memantau dan meneliti tautan balik yang berasal dari pesaing SERP.
Jika menemukan tautan yang rusak, beri tahu webmaster tentang kesalahan 404 dengan sopan dan tawarkan konten ebagai penggantinya. Pendekatan yang sopan dan terhormat dapat membantu Anda membangun hubungan bisnis dengan admin situs, yang mungkin menghasilkan lebih banyak backlink ke depan.
Pastikan konten yang ditawarkan sebagai pengganti cukup berharga dan sesuai dengan konteks situs web mereka. Meskipun banyak admin situs mungkin mengganti tautan dengan tautan yang Anda berikan sebagai tanda penghargaan, materi tersebut harus tetap relevan dan masuk akal untuk konteks situs web mereka.

Gunakan infografis

Banyak infografis yang tersedia di luar sana; mereka menarik secara visual dan dapat menyajikan informasi dengan cepat daripada membaca blog panjang. Infografis adalah representasi grafis dari informasi.
Membuat infografis seperti grafik batang, spreadsheet, atau ilustrasi dapat membantu pembaca dengan cepat memahami informasi dan juga menyajikannya dalam format yang mudah dibagikan. Dengan banyaknya template gratis yang tersedia online, membuat infografis yang menarik dengan tampilan profesional menjadi lebih mudah.
Infografis dapat muncul di hasil pencarian gambar Google dan digunakan di blog lain, dengan Anda mendapatkan pengakuan sebagai sumber utama dengan tautan kembali ke situs. Oleh karena itu, penting untuk secara teratur menghasilkan infografis yang berkualitas tinggi dan memasukkannya ke dalam konten Anda - terutama ketika Anda mempraktikkan strategi membangun tautan.
Ada tiga cara infografis dapat membantu membangun backlink ke situs web baru:
  • Pertama, buat infografis dari konten yang ada di situs web Anda dan bagikan ke situs berbagi foto atau video sehingga mereka dapat menautkan ke Anda sebagai sumber utama.
  • Kedua, manfaatkan pencarian gambar terbalik Google untuk menemukan di mana infografis Anda telah dipublikasikan, lalu hubungi pemilik situs untuk mendapatkan kembali tautannya.
  • Ketiga, sertakan sebagian kecil kode HTML dalam infografis sehingga tertaut kembali ke situs web Anda di mana pun itu muncul. Lakukan ini di salah satu halaman situs web Anda.
Dengan menggunakan infografis secara konsisten, Anda dapat mendapatkan tautan berkualitas tinggi yang mengarah kembali ke situs web Anda, meningkatkan jumlah klik dan tayangan halaman Anda.

Manfaatkan media sosial

Manfaatkanlah media sosial untuk keuntungan Anda. Terlibatlah lebih aktif dalam media sosial, terutama karena GenZ dan milenial merupakan anggota tetapnya. Anda dapat menambahkan tautan ke blog atau situs web di media sosial. Dengan tetap aktif di media sosial, dapat meningkatkan keterlibatan situs web dan mengekspos merek ke khalayak yang lebih luas.
Lebih banyak orang cenderung melihat, berbagi, dan menautkan ke kiriman, foto, atau pembaruan baru jika Anda sering membagikannya. Selain itu, tambahkanlah widget jejaring sosial ke situs web dan sertakanlah plugin media sosial setiap kali menerbitkan materi untuk bisnis, seperti laporan kasus, buku audio, presentasi, dan posting blog.
Dengan cara ini, audiens Anda dapat dengan cepat menemukan informasi yang mereka butuhkan dan membagikannya kepada orang lain.

Selidiki apa yang dilakukan pesaing

Pelajari apa yang dilakukan oleh pesaing dan apakah strategi mereka berhasil. Jika ya, tiru pendekatan mereka. Seperti memantau backlink, Anda juga harus memeriksa pesaing, terutama jika situs web mereka lebih unggul.
Cara terbaik untuk menemukan peluang untuk mendapatkan backlink yang sama dan mencoba meniru yang paling efektif untuk situs adalah dengan memata-matai backlink pesaing. Anda dapat menggunakan berbagai alat analisis backlink untuk melacak backlink pesaing.
Sebagai bagian dari analisis rutin backlink, lihat konten yang paling banyak ditautkan oleh pesaing, kata kunci yang mereka nilai, dan metrik lain apa pun yang mungkin mereka gunakan untuk mencapai kesuksesan. Menemukan peluang backlink bernilai tinggi lebih mungkin terjadi jika dapat meniru apa yang dilakukan oleh pesaing Anda.
Selalu evaluasi jenis posting blog yang paling banyak menerima backlink dan manfaatkan data ini untuk keuntungan. Situs di industri yang menerbitkan materi pesaing juga dapat menerbitkan materi Anda. Ini adalah strategi yang bagus untuk membangun backlink dalam SEO.

Manfaatkan Platform Penjangkauan yang Kredibel

Dalam forum profesional seperti HARO, terdapat pertukaran tautan yang dilakukan bersamaan dengan konten online. Anda dapat menggunakan platform penjangkauan terpercaya untuk membangun tautan dalam rencana SEO dengan mencari blog atau situs web yang sesuai untuk dikirimi email dan terlibat di dalamnya.
Jika memiliki konten tertulis yang bagus, siaran pers tentang perusahaan, atau keahlian di sektor tertentu, maka jangkau situs-situs ini untuk memperoleh backlink. Menjalin ikatan bisnis dengan perusahaan terhormat di sektor yang sama dapat memberikan banyak keuntungan, seperti meningkatkan kredibilitas dan eksposur merek Anda.
Dengan menggunakan platform penjangkauan seperti HARO, jurnalis terus mencari pakar di berbagai bidang. Jika Anda dapat memberikan informasi atau sudut pandang tentang subjek tertentu, tautan sumber ke situs web dapat ditampilkan dalam laporan yang diterbitkan. Ini dapat membantu meningkatkan kredibilitas situs web dan mendapatkan backlink dari situs dengan kredibilitas lebih tinggi, seperti jurnal terkait industri atau pers.

Teknik Tautan Internal

Penempatan tautan internal adalah strategi lain yang penting dalam pembangunan tautan di SEO. Membangun tautan tidak hanya tentang mengarahkan lalu lintas ke atau dari situs web lain, tetapi juga melibatkan penempatan tautan di dalam halaman situs web itu sendiri.
Mengapa penempatan tautan internal penting? Karena pengalaman pengguna harus menjadi prioritas utama. Jika pengguna mengalami masalah seperti waktu muat yang lama atau rasio pentalan yang tinggi, mereka mungkin akan pergi segera setelah tiba di situs Anda, yang dapat merugikan SEO Anda. Semakin lama pengguna tetap di situs, semakin baik kunjungan mereka.
Dengan menempatkan tautan internal yang terarah, Anda dapat memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan memudahkan navigasi di antara halaman situs web. Pengunjung situs web bukan hanya pengguna biasa.
Ketika Anda menautkan halaman-halaman internal, algoritme mesin pencari dapat memahami konteks situs dengan lebih jelas dan memberikan peringkat yang lebih baik untuk halaman. Pentingnya halaman web dalam algoritme mesin pencari secara langsung berkaitan dengan jumlah tautan internal yang ada.

Manfaat link building untuk SEO

Berikut ini manfaat link building:

Meningkatkan Otoritas

Tujuan akhir dari pengembangan tautan adalah untuk menetapkan strategi membangun tautan yang konsisten agar menonjol di antara para pesaing. Agar audiens utama Anda melihat Anda sebagai merek atau bisnis yang kredibel, pengembangan tautan berkontribusi pada legitimasi.

Traffic Afiliasi yang Konsisten

Tautan di situs yang sah dapat memastikan Anda terus mendapatkan lalu lintas yang relevan dalam jangka panjang. Alih-alih menekankan pada volume, sangat penting untuk memiliki backlink berkualitas tinggi. Satu backlink dari situs web resmi lebih disukai daripada sepuluh tautan dari sumber yang tidak diverifikasi.

Paparan di Media Sosial

Setelah beberapa lama, banyak bisnis mengaku stagnan. Anda dapat memandu lalu lintas ke platform media sosial Anda dengan membagikan tautan ke mereka melalui pembuatan tautan. Ini akan meningkatkan visibilitas di media sosial.

Meningkatkan Visibilitas Mesin Pencari

Mesin web Google menyukai tautan dengan kualitas dan volume. Memiliki tautan eksternal berkualitas tinggi di situs web Anda akan sangat membantu peningkatan peringkat, yang akan meningkatkan visibilitas Anda.

Membantu Meningkatkan Lalu Lintas Situs Web

Tautan balik membantu peringkat Anda, yang membantu popularitas situs web Anda. Lebih banyak lalu lintas akan datang ke situs web Anda saat mencapai peringkat. Ini akan membantu menghasilkan lalu lintas yang relevan, yang merupakan indikator kuat kinerja situs web Anda.

Tingkat Konversi Tinggi

Semakin banyak kehadiran Anda, semakin banyak lalu lintas online, yang dapat menghasilkan lebih banyak konversi.

Peningkatan Kinerja Situs Web

Membangun tautan akan memiliki efek menguntungkan pada metrik SEO Anda. Dengan backlink berkualitas, peringkat situs Anda, peringkat halaman, dll. Akan tumbuh. Selain itu, ini mengurangi rasio pentalan Anda.

Membangun Koneksi dengan Niche Market

Membangun tautan juga memungkinkan Anda menjalin koneksi dengan target pasar tertentu. Misalnya, jika Anda membuat tautan di situs yang dikhususkan untuk mobil tertentu dan mengarahkan audiens di sana ke situs web Anda untuk solusi perbaikan otomotif khusus, Anda memiliki kesempatan untuk mengembangkan hubungan jangka panjang dengan kelompok sasaran yang sempit ini.

Meningkatkan Kredibilitas

Tautan sangat penting karena menentukan kredibilitas situs web Anda karena tautan eksternal berfungsi sebagai evaluasi yang tidak memihak terhadap kekuatan otoritas situs Anda. Google ingin memberikan hasil yang paling akurat dan paling sesuai dengan permintaan pencarian web penggunanya. Kredibilitas situs web Anda akan meningkat dengan jumlah tautan berkualitas tinggi yang diterimanya.

Bantuan dalam Meningkatkan peringkat Google

Tautan balik sangat penting untuk mencapai peringkat tinggi di SERP (halaman hasil mesin pencari). Terlepas dari potensi situs web untuk memiliki konten berkualitas tinggi, peringkat di Google sebenarnya sangat sulit tanpa backlink. Sangat penting untuk memiliki lebih banyak backlink sekaligus dan yang berkualitas tinggi untuk mengungguli pesaing Anda.
LihatTutupKomentar