Cara Menjadi SEO Expert di Tahun 2023

 
Saat ini, prospek karier di bidang pemasaran digital semakin beragam, termasuk di dalamnya bidang SEO. Tidak heran, banyak pemasar dan penulis yang ingin menjadi ahli SEO. SEO atau optimasi mesin pencari, adalah cara untuk menampilkan situs web Anda di halaman pertama hasil pencarian Google.
Karena konten yang sangat banyak di luar sana, persaingan untuk masuk ke halaman pertama Google semakin ketat. Oleh karena itu, seorang ahli SEO dibutuhkan untuk membuat strategi dan mengetahui celah-celah yang dapat dimanfaatkan agar kinerja situs web tetap baik.

Cara Menjadi SEO Expert di Tahun 2023

Jika Anda ingin menjadi ahli SEO yang handal, berikut beberapa cara yang dapat Anda tiru untuk mencapai tujuan tersebut.

1. Pahami SEO

Untuk menjadi ahli di bidang apapun, termasuk SEO, kamu pasti harus menguasai pengetahuan dasarnya terlebih dahulu. Menurut Search Engine Journal, ada 3 komponen dasar yang perlu kamu kuasai untuk menjadi ahli SEO, yaitu:
  • User intent atau jenis konten yang dibutuhkan dan diharapkan oleh pengguna.
  • Cara kerja mesin pencari.
  • Tools, teknik, dan strategi untuk mengoptimalkan situs web dan kontennya.

2. Memahami Prinsip Kerja Search Engine

Menurut laporan dari HubSpot, seorang ahli SEO harus memahami strategi dasar untuk membuat halaman situs web meraih ranking nomor 1 di Google. Berikut adalah beberapa strategi dasar yang perlu dipahami oleh seorang ahli SEO:
  • Keyword research: Menentukan kata kunci yang paling banyak dicari (dengan bantuan tools) untuk menciptakan konten yang relevan.
  • On-page SEO: Menyediakan konten yang relevan dan sesuai dengan yang dicari oleh pengguna (berdasarkan hasil keyword research). Semakin baik konten, semakin besar kesempatan untuk menembus halaman pertama Google.
  • Technical SEO: Berbagai aspek teknis yang membuat situs web lebih mudah di-crawl dan diindeks, seperti sitemap atau jumlah link yang error.
  • Link building: Jumlah dan kualitas website yang mengarahkan seseorang ke situs web Anda juga merupakan faktor penting yang membuat Google memilih untuk menampilkan situs web Anda di halaman pertama. Strategi backlink sangat penting untuk mencapai hal ini. Selain itu, kecepatan situs web dan tampilan pada versi mobile juga mempengaruhi peringkat di Google.

3. Pahami cara Google Menilai Konten

Hanya memahami cara kerja Google tidak cukup untuk menjadi seorang ahli SEO. Anda juga harus memahami bagaimana mesin pencari mengevaluasi konten sehingga dapat menempatkannya di halaman pertama. Evaluasi ini dikenal dengan istilah E-E-A-T, yang terdiri dari:

  • Experience: Pengalaman langsung atau first-hand experience dari konten konten yang original dan unik akan menjadi faktor penentu penting dalam menentukan posisi suatu halaman di mesin pencari Google.
  • Expertise: keahlian dalam bidang tertentu yang dibutuhkan untuk membuat konten yang informatif dan berkualitas.
  • Authoritativeness: otoritas dalam bidang tersebut, yang dapat dibangun melalui pengalaman, penghargaan, atau rekomendasi dari pihak lain.
  • Trustworthiness: kepercayaan yang dibangun melalui kejujuran dan integritas dalam memberikan informasi yang akurat dan dapat dipercaya.
Dengan memperhatikan keempat aspek tersebut, Anda dapat memastikan bahwa konten yang di buat memiliki informasi yang valid dan dapat dipercaya oleh pengguna, serta dapat meningkatkan peringkat situs web di mesin pencari.

3. Membuat Website Sendiri

Sebelum terjun ke industri profesional, sebaiknya Anda mencoba membuat website sendiri terlebih dahulu. Dengan memiliki website sendiri, Anda dapat mencoba dan bereksperimen tanpa khawatir merugikan orang lain.
Salah satu platform CMS (Content Management System) yang direkomendasikan untuk pemula adalah WordPress. Selain mudah digunakan, WordPress juga SEO friendly dan digunakan oleh hampir sepertiga dari seluruh website di seluruh dunia.
Anda dapat memulai dengan membuat blog sederhana, pilih topik yang ingin kamu bahas sehingga bisa lebih mudah menyusun konten untuk websitemu.

4. Mempelajari Tools

Seorang ahli SEO biasanya harus menguasai berbagai jenis alat SEO untuk meningkatkan kualitas dan kinerja website. Dua alat yang penting untuk dikuasai oleh ahli SEO adalah Google Analytics dan Google Search Console.
Google Analytics membantu dalam memantau kinerja website, sedangkan Google Search Console berguna untuk menemukan konten-konten yang perlu dioptimalkan. Selain itu, ada beberapa alat lain seperti Screaming Frog, Ahrefs, dan SEM Rush yang juga sebaiknya dikuasai.

5. Selalu Update Pengetahuan

Google sering melakukan pembaruan pada kinerja mesin pencarinya. Oleh karena itu, penting untuk selalu mengikuti informasi terbaru agar menjadi seorang SEO expert yang terupdate.
Ada beberapa cara untuk mendapatkan informasi tersebut, seperti bergabung dengan komunitas SEO expert dan spesialis, membaca berita atau artikel terbaru, dan memperluas jaringan dengan SEO expert lain.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa cara terbaik untuk menjadi seorang SEO expert. Namun, perlu diingat bahwa proses ini membutuhkan waktu dan kesabaran, jangan menyerah ketika menghadapi masalah. Dengan tekad dan niat yang kuat, siapapun bisa menguasai bidang SEO dan menjadi seorang pakar di bidangnya.
LihatTutupKomentar