Cara Submit Jurnal Terakreditasi Nasional SINTA

Mempublikasikan artikel ilmiah pada website yang sudah terakreditasi nasional (SINTA 1 sd 6), merupakan salah satu kebanggan bagi seorang peneliti, Tapi tidak semua peneliti memahami bagaimana cara agar dapat mempublikasikan artikel ilmiah mereka. Pada artikel kali ini, akan kita bahas tahapan-tahapannya dari persiapan sebelum submit artikel sampai cara submitnya. 

Persiapan Sebelum Submit Artikel

User sebelum melakukan submit artikel pada website berbasis Open Journal System OJS, sebaiknya mempersiapkan beberapa hal berikut ini:
  1. Membuat akun google scholar.
  2. Mempunyai alamat email yang aktif.
  3. Memperhatikan focus and scope, author guideline, plagiarisme screening, author fees, dan template karena tidak semua publikasi artikel berbasis OJS mempunyai aturan yang sama.
  4. Cek ISSN baik itu cetak ataupun online.
  5. Cek Digital Object Identifier (DOI).
  6. Apakah artikel yang mau dipublikasikan diharuskan terpublikasi secara nasional (SINTA) atau internasional (SCOPUS dan WOS). 
  7. Apakah jurnal yang dipublikasikan juga open acces seperti Jurnal Prajaiswara yang dipublikasikan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Jambi.

Cara Submit Artikel ke Website Terakreditasi SINTA

  • Kunjungi website jurnal online/ Open Journal System, disini saya mengambil contoh seperti website Jurnal Prajaiswara yang sudah terakreditasi nasional, SINTA 6.
  • Melakukan registrasi jika Saudara belum mempunyai akun, berikut tampilan gambar seperti dibawah ini. Saudara dapat mengisi form profile seperti given name, family name, affiliation, county, email, username, dan password, dimana tanda bintang merah wajib di isi.
  • Setelah Saudara melakukan proses registrasi, selanjutnya login dengan menggunakan akun dan password yang Saudara buat tadi.
  • Setelah Saudara login, klik make new submission
  • Pada menu submit an Article (Star), isilah data-data yang diminta  tersebut secara lengkap. Selanjutnya klik save and continue.
  • Save and continue
  • Pada menu upload submission, upload file artikel dengan mengklik add file. Pada tulisan what kind of file is this? pilihlah article text dan save continue
  • Isilah semu data khusunya yang bertanda bintang merah pada enter metadata seperti title, abstract, list of contributors, keywords, dan references. klik save and countinue

  • Pada menu confirmation klik finish submission.
  • Submission complete.
Jika Saudara berminat untuk mempublikasikan artikel, silahkan mengunjungi link website berikut ini: https://prajaiswara.jambiprov.go.id/index.php/file2
LihatTutupKomentar